MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYYAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF DI KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA KOTA BAUBAU

SAFIATI, NIM. KL.14010101032 (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYYAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF DI KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA KOTA BAUBAU. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : SAFIATI NIM : KL. 14010101032 Judul : Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyyah Dengan menggunakan Media Kartu Huruf Pada Kelompok A Taman KanakKanak Negeri Pembina Kota Baubau Pembimbing : SITI AISYAH MU’MIN, S.Ag.,M.Pd Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan anak mengenal huruf hijaiyyah sebelum dan sesudah menggunakan kartu huruf hijaiyyah, Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan anak mengenal huruf hijaiyyah sebelum dan sesudah menggunakan kartu huruf hijaiyyah, untuk mengetahui kendala dalam penggunaan kartu huruf hijaiyyah dalam mengenalkan huruf hijaiyyah, adanya pengaruh media kartu huruf hijayyah terhadap kemampuan anak mengenal huruf hijaiyyah di kelompok A Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kota Baubau. Hasil penelitian sebelum penggunaan media kartu huruf hijaiyyah kemampuan menyebutkan huruf hijaiyyah 1-7 dalam kategori berkembang sangat baik tidak ada, kategori berkembang sesuai harapan terdapat 1 anak (6,67%), kategori mulai berkembang terdapat 3 anak (20%), kategori belum berkembang terdapat 11 anak (73,33%), Menyebutkan huruf hijaiyyah secara acak yang kategori berkembang sangat baik tidak ada, kategori berkembang sesuai harapan terdapat 1 anak (6,67%), kategori mulai berkembang terdapat 2 anak (13,33%), kategori belum berkembang terdapat 12 anak (80%) sedangkan aspek menyebutkan huruf hijaiyyah secara baik dan benar dalam kategori berkembang sangat baik tidak ada, kategori berkembang sesuai harapan terdapat 1 anak (6,67%), kategori mulai berkembang terdapat 1 anak (6,67%), dan kategori belum berkembang terdapat 13 anak (86,66%). Sesudah perlakuan menggunakan kartu huruf hijaiyyah, kemampuan menyebutkan huruf hijaiiyah 1-7 untuk kategori berkembang sangat baik) terdapat 7 anak (46,67%), untuk kategori berkembang sesuai harapan terdapat 2 anak (13,33%), kategori mulai berkembang terdapat 3anak (20%), dan untuk kategori Belum Beerkembang terdapat 3 anak (20%). Menyebutkan huruf hijaiyyah secara acak yang kategori BSB terdapat 6 anak (40), kategori berkembang sesuai harapan terdapat 3 anak (20%), kategori mulai berkembang terdapat 4 anak (26,67%), kategori belum berkembang terdapat 2 anak (13,33%) sedangkan aspek menyebutkan huruf hijaiyyah secara baik dan benar dalam kategori berkembang sesuai harapan 8 anak (53,33), kategori berkembang sesuai harapan terdapat 4 anak (26,67%), kategori Mulai Berkembang terdapat 2 anak (13,33%), dan kategori belum berkembang terdapat 1 anak (6,67%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kendala penggunaan kartu huruf hijaiyyah dikelompok A Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina yaitu, anak yang mempunyai kemampuan maksimal guru mengalami kesulitan dalam mengarahkannya karena sering mengganggu teman dan cenderung mengacaukan proses pembelajaran berlangsung, jadi ada pengaruh penggunaan media kartu huruf hijaiyyah karena terbukti adanya peningkatan sebelum penggunaan media kartu huruf hijaiyyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SITI AISYAH MU’MIN, S.Ag.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: HURUF HIJAIYYAH, MEDIA KARTU HURUF
Subjects: Al-Qur'an dan Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 07 Oct 2017 07:39
Last Modified: 07 Oct 2017 07:39
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/382

Actions (login required)

View Item View Item