STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF RELAWAN COVID-19 DALAM SOSIALISASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI DESA TETEWUA KECAMATAN DANGIA KABUPATEN KOLAKA TIMUR

Riska Yanti. 18030101002., R (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF RELAWAN COVID-19 DALAM SOSIALISASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI DESA TETEWUA KECAMATAN DANGIA KABUPATEN KOLAKA TIMUR. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 Coverrr.pdf

Download (992kB)
[img] Text
2 BAB I Pendahuluan.pdf

Download (78kB)
[img] Text
3 BAB II Kajian Pustaka.pdf

Download (168kB)
[img] Text
4 BAB III Metode Penelitian.pdf

Download (51kB)
[img] Text
5 BAB IV Hasil.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
6 BAB V Penutup.pdf

Download (39kB)
[img] Text
7 Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB)
[img] Text
8 Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Riska Yanti. 18030101002. Strategi Komunikasi Persuasif Relawan Covid-19 dalam Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Desa Tetewua Kecamatan Dangia Kabupaten Kolaka Timur. (Dibimbing oleh : Dra. Rahmawati M.Pd.) Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui strategi komunikasi persuasif relawan Covid-19 dalam sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat di Desa Tetewua Kecamatan Dangia Kabupaten Kolaka Timur, (2) mengetahui hambatan strategi komunikasi persuasif relawan Covid-19 dalam sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat di Desa Tetewua Kecamatan Dangia Kabupaten Kolaka Timur, dan (3) mengetahui efektivitas strategi komunikasi persuasif yang diterapkan relawan Covid19 dalam sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat di Desa Tetewua Kecamatan Dangia Kabupaten Kolaka Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di Desa Tetewua Kecamatan Dangia Kabupaten Kolaka Timur. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data lalu dianalisis dengan teori komunikasi persuasif Melvin L. DeFleur dan Sandra J. Ball Roseach yang terdiri dari psikodinamika, sosiokultural dan the meaning construction. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) strategi komunikasi persuasif relawan Covid-19 dalam sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat yaitu yaitu strategi psikodinamika dengan mempengaruhi masyarakat secara emosional, strategi sosiokultural dengan memanfaatkan lingkungan sosial dan budaya masyarakat dan the meaning construction dengan memberikan sosialisasi melalui media sosial dan spanduk. (2) Hambatan komunikasi persuasif relawan Covid-19 antara lain: kebiasaan masyarakat, bahasa yang digunakan relawan, dan masalah pada sound system. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Persuasif, Sosialisasi, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. ABSTRACT Riska Yanti. 18030101002. Persuasive Communication Strategies of Covid-19 Volunteers on Clean and Healthy Living Behaviour in Tetewua Village, at Dangia, Kolaka Timur District. (Supervised by : Dra. Rahmawati M.Pd.) This research is aimed at: (1) knowing the persuasive communication strategies of Covid-19 volunteers on clean and healthy living behaviour in Tetewua village, at Dangia, Kolaka Timur district, (2) knowing the barries to persuasive communication strategies for Covid-19 volunteers on clean and healthy living behaviour in Tetewua village, at Dangia, Kolaka Timur district, and (3) knowing the effectiveness of persuasive communication strategies used by Covid-19 volunteers on clean and healthy living behaviour in Tetewua village, at Dangia, Kolaka Timur district. This research used qualitative descriptive methods used in Tetewua village, at Dangia, Kolaka Timur district. Data collection through interviews, observation and documentary. Then, the data will be analyzed by using persuasive communication theories by Melvin L. De Fleur and Sandra J. Ball Roseach is made of psychodynamics, socio-cultural, and the meaning construction. The results of this research suggest that: (1) the persuasive communication strategies of Covid-19 volunteers on clean and healthy living behaviours are psychodynamic strategy by influencing society emotionally, socio-cultural strategy by utilizing the social and cultural environment of the community and the meaning construction by socializing through social media and banners. (2) The persuasive comunication Covid-19 volunteers barries is: the habits of society, volunteer languages, and problem on sound system. Keywords: Persuasive Communication Strategies, Socialization, Clean and Healthy Living Behaviour.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Strategi Komunikasi Persuasif, Sosialisasi, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Persuasif, Sosialisasi, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.
Subjects: Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:08
Last Modified: 14 Sep 2022 03:08
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3836

Actions (login required)

View Item View Item