PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI ANAK UNTUK BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA WONUAMBUTEO KECAMATAN LAMBANDIA KABUPATEN KOLAKA TIMUR

Aulia Annisa NIM.17010104009, A (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI ANAK UNTUK BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA WONUAMBUTEO KECAMATAN LAMBANDIA KABUPATEN KOLAKA TIMUR. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (700kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (874kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (523kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (466kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (544kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Aulia Annisa NIM.17010104009 “Peran Orang Tua dalam Memotivasi Anak untuk Belajar di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Wonuambuteo, Kecamatan Lambandia, Kabupetan Kolaka Timur”. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. Masdin M.Pd Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan wawancara awal peneliti sebagai salah satu masyarakat di Desa Wonuambuteo Kecamatan Lambandia Kabupaten Kolaka Timur berdasarkan alternatif proses pembelajaran yang diterapkan selama masa pandemi Covid-19 yakni dengan cara guru memberikan tugas kepada anak untuk dikerjakan di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar anak dan mengidentifikasi peran orang tua dalam memotivasi anak untuk belajar di rumah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data, dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak yang sedang duduk di bangku kelas III dan IV Sekolah Dasar beserta anaknya. Hasil penelitian, menunjukkan: 1). Motivasi belajar anak di rumah yang diukur dengan indikator durasi dan frekuensi belajar anak tetap ada aktivitas belajar anak tetapi sangat berbeda dibanding dengan proses belajar normal yang dilakukan di sekolah, keuletan belajar anak dipengaruhi oleh kesadaran anak dan adanya peran orang tua, kualifikasi hasil belajar anak ada yang berubah yakni menurun dan meningkat adapula yang tetap sama namun ini merupakan indikator pendukung karena proses penilaian guru di masa pandemi ini tidak bisa sepenuhnya menilai aspek kognitif anak hanya dengan nilai tugas karena terkadang dalam pengerjaan tugas tersebut ada bantuan orang tua, begitupun ranah afektif tidak bisa sepenuhnya dinilai kemandirian dan kejujuran anak dan juga psikomotorik anak 2). Peran orang tua dalam memotivasi anak untuk belajar di rumah sangat penting dan dibutuhkan anak adapun peran yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak yakni menemani anak belajar di rumah, orang tua berperan sebagai fasilitator, orang tua berperan sebagai pembangkit semangat anak, orang tua berperan sebagai pengarah, selain itu peran yang dilakukan oleh orang tua dalam memotivasi anak agar mau belajar di rumah adalah orang tua berperan sebagai pengawas, orang tua berperan sebagai tempat bertanya anak, orang tua berperan sebagai penasehat dan orang tua berperan sebagai pemberi apresiasi terhadap belajar anak. Namun, peran tersebut tidak dilakukan oleh semua orang tua ada yang hanya bisa sebagian dipengaruhi oleh kesibukan dan keterbatasan pengetahuan orang tua dan adapula yang meliputi keseluruhan tetapi tidak dilakukan secara rutin terus menerus terhadap anak. Kata kunci: Motivasi Anak, Peran Orang tua, Pandemi Covid-19. ABSTRACT Aulia Annisa NIM.17010104009 "The Role of Parents in Motivating Children to Study at Home during the Covid-19 Pandemic in Wonuambuteo Village, Lambandia District, East KolakaDistrict". Under the Guidance of Dr. Masdin M.Pd This study is based on the results of observations and initial interviews of researchers as one of the communities in Wonuambuteo Village, Lambandia District, East Kolaka Regency based on alternative learning processes applied during the Covid-19 pandemic, namely by the way teachers give tasks to children to do at home. This study aims to find out the child's learning motivation and the role of parents in motivating the child to learn at home. This type of research is qualitative with phenomenological approach. Data collection, conducted using observation techniques, interviews and documentation. Informants in this study are parents who have children who are sitting in grade III and IV elementary school and their children. The results of the study, showed: 1). Children's learning motivation at home is measured by indicators of the duration and frequency of learning of children there are still learning activities of children but very different compared to the normal learning process conducted in school, the tenacity of learning children is influenced by the awareness of the child and the role of parents, the qualifications of children's learning outcomes there are changes that are decreasing and increasing there remains the same but this is a supporting indicator because the assessment process of teachers in this pandemic can not fully assess aspects cognitive child only with the value of the task because sometimes in the work of the task there is the help of parents, as well as the affective realm can not be fully assessed the independence and honesty of the child and also psychomotor child 2). The role of parents in motivating children to learn at home is very important and needed by the child as for the role performed by parents to the child, namely accompanying the child to study at home, parents play the role of facilitators, parents act as spirit generator of children, parents act as directors, in addition to the role performed by parents in motivating children to want to learn at home is parents play a role as supervisors, parents act as a place to ask the child, parents act as advisors and parents act as an appreciation for the child's learning. However, the role is not performed by all parents there can only be partly influenced by the busyness and limitations of parental knowledge and some include the whole but not done routinely continuously towards the child. Keywords: Motivation Child, Role Of Parent, Pandemics COVID-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Motivasi Anak, Peran Orang tua, Pandemi Covid-19.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Anak, Peran Orang tua, Pandemi Covid-19.
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 16 Sep 2022 07:43
Last Modified: 16 Sep 2022 07:43
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3856

Actions (login required)

View Item View Item