KONSTRUK PENYELENGARAAN PENJAMJNAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA DI PTAI

Muhammad Hadi, mh (2015) KONSTRUK PENYELENGARAAN PENJAMJNAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA DI PTAI. IAIN KENDARI.

[img] Text
JURNAL PASCASARJANA IAIN KENDARI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Konstruk sistem penyelenggaraan peniaminan mutu didik • 'J pen 1 t an agama di Pf Al, daJam peJJalanannya barn tahapan program pelatihan-pelati'han K di · · . . . . · on 1s1 penJamman mutu PT Al utamanya dt Indonesia Tunur saat ini dalam penyelenggaraan a t ak ku iik dilih d · Y amp rang optimal JJ a t 1 at ~ aspek manajemen, tujuan dan sasaran dalam pengendalian mutu pendidikan serta perbaikan proses pembelajaran. Fakta menunjukkan bahwa dalam setiap proses penyelenggaraan pendidikan, sering terjadi keJemahan yang berulang dan kekurangan yang tak kunjung usai, selain itu juga belum memperlihatkan perbaikan yang signifikan yang dilakukan pimpinan, bahkan kesalahan terjadi tidak jarang pada setiap tahunnya. Konstruk ten tang sistem penyelenggaraan penjaminan mutu pendidikan PT AI menggunakan pendekatan manajemen G. Lipsey dan Mervyn K. Lewis. Menurutnya managenentis a process or form of work that involves the guidance ordirection of group of people toward organizatinal goals or objectives. Management merupakan 1embaga yang berproses melalui kinerja subjek yang melakukan proses hingga mencapai tujuan yang jelas atau goal pada suatu lembaga penjaminan mutu berfungsi mengontrol, mengevalusi, pengaudit dan memperbaiki mutu pendidikan, terutama 1ingkup PT AI. Dalam teori manajemen seorang menejer akan melakukan kegiatan yang disebut manajemen planning, organizing, staffing, motivating, controlling untuk mencapai goal. Fakta penye)enggaraan penjaminan mutu pendidikan Jingkup PT AI belurn maksimal dilakukan, kinerja lemah dan kurang berwibawa, bahkan terkesan masih diabaikan pada tingkat implementasinya maupun pelaksanaannya dilapangan, kegiatan penjaminan mutu hanya seputar pelatihan yang sesungguhnya kurang implementatif dilihat dari perspektif manajemen. PenyeJenggaraan penjaminan mutu pendidikan lingkup PTAI sesungguhnya adalah essesor internal atau "guru mutu" yang bertugas mengontrol, memonitor, mengaudit, mengevaluasi dan memperbaiki proses pendidikan, jika terjadi kesalahan atau kendala-kendala dalam penyelenggaraannya.

Item Type: Article
Subjects: Manajemen
Budaya Organisasi
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: KARYA TULIS ILMIAH DOSEN > DSN_MUHAMMAD_HADI
KARYA TULIS ILMIAH DOSEN > DSN_MUHAMMAD_HADI
Depositing User: Aldhy Purwanto
Date Deposited: 16 Sep 2022 08:31
Last Modified: 16 Sep 2022 08:31
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3861

Actions (login required)

View Item View Item