Analisis Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas VIII MTs Darul Ulum Ahuhu

M. Malik Irfan. NIM. 18010110002, M (2022) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas VIII MTs Darul Ulum Ahuhu. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK M. Malik Irfan. NIM. 18010110002. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas VIII MTs Darul Ulum Ahuhu. Dibimbing Oleh: Sri Anandari Safaria S.Pd.,M.Pd. dan Muhammad Syarwa Sangila S.,Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Ahuhu ditinjau dari gaya belajar yaitu gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB yang berjumlah 28 siswa. Kemudian dipilih 6 siswa untuk diwawancara lebih dalam mengenai kesulitan siswa ditinjau dari gaya belajar yang terdiri dari 2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar auditorial, dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dari hasil angket gaya belajar siswa, tes kesulitan belajar matematika siswa serta wawancara secara langsung tentang kesulitan belajar dari masing-masing siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan yang dialami siswa dengan gaya belajar visual yaitu kesulitan pada aspek kelemahan dalam berhitung, kesulitan pada aspek mentransfer pengetahuan, dan kesulitan pada aspek kesalahan dalam persepsi visual. Kesulitan yang dialami siswa dengan gaya belajar auditori yaitu kesulitan pada aspek kesulitan dalam mentransfer pengetahuan dan aspek kelemahan dalam berhitung. Kesulitan yang dialami siswa dengan gaya belajar kinestetik yaitu kesulitan pada aspek kelemahan dalam berhitung, aspek kesalahan dalam persepsi visual, dan aspek kesulitan dalam mentransfer pengetahuan. Kata kunci: Analisis Kesulitan Belajar Matematika, Gaya Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Analisis Kesulitan Belajar Matematika, Gaya Belajar
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesulitan Belajar Matematika, Gaya Belajar
Subjects: Matematika
Manajemen
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 15 Dec 2022 01:09
Last Modified: 15 Dec 2022 01:09
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4015

Actions (login required)

View Item View Item