STRATEGI KOMUNIKASI DALAM REKRUTMEN KADER PADA IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH (IMM) KOMISARIAT IAIN KENDARI

Hariati Elida (18030101033),, H (2022) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM REKRUTMEN KADER PADA IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH (IMM) KOMISARIAT IAIN KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (827kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (837kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (571kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (559kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (640kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Hariati Elida (18030101033), Strategi Komunikasi Dalam Rekrutmen Kader Pada Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat IAIN Kendari. Dibimbing Oleh Drs. H. Samsu M.Pd. Penelitian ini membahas tentang Strategi Komunikasi Dalam Rekrutmen Kader Pada Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat IAIN Kendari dengan rumusan masalah: (1) Bagaimanakah strategi komunikasi dalam rekrutmen kader pada Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat IAIN Kendari (2) Apakah faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi dalam rekrutmen kader pada Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat IAIN Kendari. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Komunikasi Dalam Rekrutmen Kader Pada Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat IAIN Kendari dan untuk mengetahui Faktor Pendukung serta Penghambat Strategi Komunikasi Dalam Rekrutmen Kader Pada Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat IAIN Kendari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data dengan cara Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan, dan Pengecekan Keabsahan Data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Strategi komunikasi dalam rekrutmen kader pada Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat IAIN Kendari adalah menggunakan Komunikasi Organisasi, adalah sebuah proses penciptaan serta saling menukar pesan dalam satu jaringan hubungan yang bergantung oleh satu sama lain untuk mengatasi lingkungan tidak pasti atau lingkungan yang berubah-ubah. Komunikasi ini berlangsung diantara anggota organisasi dan dengan orang lain yang berada di luar organisasi. Selanjutnya adalah menggunakan perantara Mediated, yaitu salah satu akses untuk menyampaikan informasi rekrutmen atau mempromosikan organisasinya. Kemudian yang terakhir adalah menggunakan Komunikasi Interpersonal, yaitu komunikasi yang berbentuk tatap muka, interaksi orang ke orang, dua arah, serta saling berbagi informasi dan perasaan antara individu dengan individu atau antar individu di dalam kelompok kecil. 2) Faktor Pendukung adalah dukungan atau pendekatan senoirotas, hubungan emosional/pertemanan kondisi khalayak dan SDM dan skill dan Faktor Penghambat strategi komunikasi dalam rekrutmen kader adalah tidak berkomitmen, hambatan manusiawi, tidak merespon dan kurangnya minat. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Rekrutmen Pada IMM Komisariat IAIN Kendari. ABSTRACT Hariati Elida (18030101033), Communication Strategy in Cadre Recruitment at the Muhammadiyah Student Association (IMM) IAIN Kendari Commissariat. Supervised by Drs. H. Samsu M.Pd. This study discusses the Communication Strategy in Cadre Recruitment at the Muhammadiyah Student Association (IMM) Commissariat IAIN Kendari with the formulation of the problem: (1) How is the communication strategy in recruiting cadres at the Muhammadiyah Student Association (IMM) Commissariat IAIN Kendari (2) What are the supporting and inhibiting factors communication strategy in recruiting cadres at the Muhammadiyah Student Association (IMM) IAIN Kendari Commissariat. The purpose of this study was to determine the Communication Strategy in Cadre Recruitment at the Muhammadiyah Student Association (IMM) IAIN Kendari Commissariat and to determine the Supporting and Inhibiting Factors of Communication Strategy in Cadre Recruitment at the Muhammadiyah Student Association (IMM) IAIN Kendari Commissariat. This study uses a qualitative descriptive method, using the methods of collecting data from observations, interviews and document studies. Data analysis techniques are data reduction, data presentation, conclusion drawing, and data validity checking. The results showed that: 1) The communication strategy in recruiting cadres at the Muhammadiyah Student Association (IMM) IAIN Kendari Commissariat was to use Organizational Communication, which is a process of creating and exchanging messages in a network of relationships that depend on each other to overcome an uncertain environment. or changing environment. This communication takes place between members of the organization and with others outside the organization. The next step is to use Mediated intermediaries, which is one of the ways to convey recruitment information or promote the organization. Then the last is to use Interpersonal Communication, namely communication in the form of face-to-face, person-toperson, two-way interaction, and sharing of information and feelings between individuals and individuals or between individuals in small groups. 2) Supporting factors are support or a sensuous approach, emotional/friendship relationships, audience conditions and human resources and skills and inhibiting factors for communication strategies in cadre recruitment are non-commitment, human barriers, unresponsiveness and lack of interest. Key Words : Recruitment Communication Strategy at IMM Commissariat IAIN Kendari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Strategi Komunikasi Rekrutmen Pada IMM Komisariat IAIN Kendari.
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Rekrutmen Pada IMM Komisariat IAIN Kendari.
Subjects: Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 15 Dec 2022 01:15
Last Modified: 15 Dec 2022 01:15
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4016

Actions (login required)

View Item View Item