STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANTU PENERAPAN TATA TERTIB SEKOLAH SISWA SD NEGERI 1 TUMBUDADIO KABUPATEN KOLAKA TIMUR

Dian Khaerani Kadra, Nim 18010101145, D (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANTU PENERAPAN TATA TERTIB SEKOLAH SISWA SD NEGERI 1 TUMBUDADIO KABUPATEN KOLAKA TIMUR. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Dian Khaerani Kadra _COVER_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dian Khaerani Kadra _BAB I_2.pdf

Download (994kB)
[img] Text
Dian Khaerani Kadra _BAB II_3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dian Khaerani Kadra _BAB III_4.pdf

Download (629kB)
[img] Text
Dian Khaerani Kadra _BAB IV_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Dian Khaerani Kadra _BAB V_6.pdf

Download (617kB)
[img] Text
Dian Khaerani Kadra _DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN_7.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dian Khaerani Kadra, Nim 18010101145 Judul: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membantu Penerapan Tata Tertib Sekolah Siswa SD Negeri 1 Tumbudadio Kabupaten Kolaka Timur Peneltian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membantu Penerapan Tata Tertib Sekolah Siswa SD Negeri 1 Tumbudadio Kabupaten Kolaka Timur. Objek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa SD Negeri 1 Tumbudadio. Metode yang digunakan adalah jenis kualitatif, dimana pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa strategi yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan tata tertib sekolah yakni melalui pengintegrasian dalam kegiatan sehari-hari yang meliputi pemberian pengarahan, pemberian contoh yaitu baik perkataan maupun perbuatan,sanksi dan pemberian Reward atau pemberian hadiah. Sedangkan hambatan yang dihadapi dalam menerapkan tata tertib sekolah yakni: adanya pengaruh teman yang buruk (lingkungan), keluarga yang kurang menanamkan disiplin sejak dini. Implikasi dari penelitian ini yakni, pentingnya setiap guru pendidikan agama Islam menjadi contoh bagi siswasiswinya di sekolah, kemudian diwujudkan dalam strategi yang sistematis. Kata Kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Tata Tertib Sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Tata Tertib Sekolah.
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Tata Tertib Sekolah.
Subjects: Kinerja Guru
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:02
Last Modified: 28 Dec 2022 02:02
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4039

Actions (login required)

View Item View Item