IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH DARUL MUKHLISIN

Indrawan. 18010101102., I (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH DARUL MUKHLISIN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER Indrawan.pdf

Download (862kB)
[img] Text
BAB I Indrawan.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II Indrawan.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB III Indrawan.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV Indrawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB V Indrawan.pdf

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN Indrawan.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Indrawan. 18010101102. Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin. Dibimbing Oleh: Dr. H. Muh Ikhsan S.Ag, M.Ag. dan Dr. Fahmi Gunawan S.S, M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian studi kasus kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru akidah akhlak, dan 6 orang siswa Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Implementasi pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin mengacu pada kurikulum 2013. Proses implementasi pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan pendahuluan guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik, memberikan motivasi dan apersepsi dengan menjelaskan pentingnya materi, tujuan pembelajaran dan langkah pembelajaran. Kegiatan inti meliputi proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Pada kegiatan penutup guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran, dan memberikan tugas kepada siswa. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode ceramah, Tanya jawab, diskusi dan penugasan yang disesuaikan dengan metode yang ada dalam RPP guru dan disesuaikan dengan materi yang diajarkan, serta terlaksananya evaluasi pembelajaran dalam bentuk ulangan harian. Faktor pendukung pada implementasi pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin salah satunya tidak terlepas karena usaha dari guru akidah akhlak itu sendiri, dimana guru sudah menguasai materi dan memahami karakter siswa, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, Selain itu Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin juga didukung dengan adanya asrama sehingga seluruh siswa lebih terkontrol karena seluruh santri di asramakan dan ditambah dengan adanya kegiatan-kegiatan pondok pesantren. Sedangkan faktor penghambatnya adalah fasilitas yang kurang memadai, dan sumber belajar yang belum memadai ditambah para siswa dilarang membawa handphone serta siswa sendiri yang mempunyai latar belakang keluarga dan pendidikan yang berbeda sehingga membutuhkan keteladanan khusus untuk membuat siswa tersebut menjadi paham akan hal-hal yang disampaikan. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran, Akidah-Akhlak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Implementasi, Pembelajaran, Akidah-Akhlak
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran, Akidah-Akhlak
Subjects: Aqidah
Ahlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:50
Last Modified: 29 Dec 2022 01:50
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4047

Actions (login required)

View Item View Item