PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA DI SMP NEGERI 22 LANTARI JAYA KABUPATEN BOMBANA

KARTINI, NIM : 11 010101 067 (2015) PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA DI SMP NEGERI 22 LANTARI JAYA KABUPATEN BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Kartini. 11 010101 067. “Peran Guru Agama Islam Dalam Membentuk Keperibadian Siswa di SMP Negeri 1 Lantari Jaya Kabupaten Bombana”. Melalui bimbingan Ibu Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA dan Ibu Dr. Fatirah Wahidah, M.Ag. Pendidikan agama Islam adalah pendidikan yang dilakukan untuk mengoptimalkan perkembangan potensi keagamaan peserta didik. Melalui pendidikan agama Islam diharapkan terbentuk pribadi peserta didik menjadi pribadi yang beragama, yaitu pribadi yang bukan sekedar memiliki pengetahuan agama, tetapi ia juga mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran agama dalam sikap dan perilaku sehari-hari. Dalam penelitian ini penulis ingin mengungkapkan bagaimana peran guru agama Islam dalam membentuk keperibadian peserta didi di SMP Negeri 22 Lantari Jaya. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kondisi objektif pelaksanaan pendidikan agama Islam di SMP Negeri 22 Lantari Jaya, untuk mendeskripsikan peran guru agama Islam dalam membentuk kepribadian siswa di SMP Negeri 22 Lantari Jaya, dan untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk kepribadian siswa di SMP Negeri 22 Lantari Jaya. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini meliputi bagaimana kondisi objektif pelaksanaan pendidikan agama Islam di SMP Negeri 22 Lantari Jaya. Bagaimana peran guru agama Islam dalam membentuk kepribadian siswa di SMP Negeri 22 Lantari Jaya. Apa kendala-kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dan solusinya dalam membentuk kepribadian siswa di SMP Negeri 22 Lantari Jaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pengecekkan keabsahan data dilakukan melalui tekhnik trianggulasi yaitu trianggulasi tekhnik, trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam di SMP Negeri 22 Lantari Jaya dilakukan dalam berbagai bentuk pembinaan yang meliputi: pendidikan Islam melalui mata pelajaran PAI, pendidikan Islam melalui kegiatan pesantren kilat, pendidikan Islam melalui penciptaan suasana religius di sekolah, dan pendidikan Islam melalui penegakkan disiplin sekolah. Peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk keperibadian siswa di SMP Negeri 22 Lantari Jaya meliputi: berperan sebagai pengajar, berperan sebagai pendidik, berperan sebagai motivator, berperan sebagai teladan bagi peserta didik. Kendala-kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk keperibadian siswa di SMP Negeri 22 Lantari Jaya meliputi: perbedaan karakteristik siswa, alokasi waktu yang terbatas, rendahnya kesadaran orang tua, dan lingkungan sosial pergaulan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA dan Ibu Dr. Fatirah Wahidah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: GURU, AGAMA ISLAM,KEPRIBADIAN
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 10 Oct 2017 07:37
Last Modified: 10 Oct 2017 07:37
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item View Item