PENERAPAN MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SDN 3 LEMBO KABUPATEN KONAWE UTARA

Andriyani, Nim 18010104076, A (2022) PENERAPAN MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SDN 3 LEMBO KABUPATEN KONAWE UTARA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Skripsi Andriyani_COVER_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Andriyani_BAB I_2.pdf

Download (652kB)
[img] Text
Skripsi Andriyani_BAB II_3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Andriyani_BAB III_4.pdf

Download (932kB)
[img] Text
Skripsi Andriyani_BAB IV_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Andriyani_BAB V_6.pdf

Download (635kB)
[img] Text
Skripsi Andriyani_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN_7.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Andriyani, Nim 18010104076 Judul: Penerapan Model Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Pada Kelas IV SDN 3 Lembo Kabupaten Konawe Utara Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas belajar siswa yang belum variatif dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran tematik, kurang menggunakan media pembelajaran. Untuk itu, perlu diadakan modifikasi dengan mengonversikan model pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, yaitu model pembelajaran Inside Outside Circle (lingkaran kecil dan lingkaran besar). Penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas (PTK) yang dilakukan di SDN 3 Lembo, sebanyak II siklus. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 20 siswa. Model pembelajaran ini menjadi pilihan peneliti yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN 3 Lembo Kabupaten Konawe Utara. Instrument data penelitian menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi siswa, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan faktor yang diselidiki dalam penelitian ini adalah siswa, guru dan materi, prosedur penelitian ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa, dapat lebih optimal dengan model pembelajaran Inside Outside Circle dengan perencanaan dan persiapan yang lebih matang. Implikasi dari penelitian ini yakni, untuk dapat meningkatan hasil belajar siswa serta memberikan efek pembelajaran bermakna terhadap aktivitas belajar siswa. Kata Kunci: Model Inside Outside Circle, Aktivitas Belajar, dan Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Model Inside Outside Circle, Aktivitas Belajar, dan Pembelajaran Tematik
Uncontrolled Keywords: Model Inside Outside Circle, Aktivitas Belajar, dan Pembelajaran Tematik
Subjects: Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 29 Dec 2022 06:57
Last Modified: 29 Dec 2022 06:57
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4055

Actions (login required)

View Item View Item