EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 KENDARI

Dedi Riswandi, NIM: 18010109035., D (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (7MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (7MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Dedi Riswandi, NIM: 18010109035. Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Video Animasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Kendari. Dibimbing oleh: Bapak Zainuddin S.Pd., M.Pd dan Ibu Halmuniati S.Pd., M.Pd Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) Untuk mengetahui pelaksanaan media pembelajaran Fisika berbasis video animasi pada materi pembelajaran gelombang mekanik. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum perlakuan. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah perlakuan di kelas eksperimen dan kelas kontrol. (4) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah perlakuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang termasuk ke dalam eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh Siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Kendari. Sampel penelitian ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Kelas XI MIPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA5 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tidak terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum perlakuan, dimana thitung (0,2502) < ttabel (2,0129). (2) Terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah perlakuan di kelas eksperimen dan kontrol, dimana thitung (32,641) > ttabel (1,714) untuk kelas eksperimen dan thitung (25,516) > ttabel (1,714) untuk kelas kontrol. (3) Terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah perlakuan, dimana thitung (2,2142) > ttabel (2,0129). Kata Kunci: Efektivitas, Hasil Belajar Fisika, Media Video Animasi. ABSTRACT Dedi Riswandi, NIM: 18010109035. The Effectiveness of Application of Animation Video-Based Physics Learning Media in Improving Physics Learning Outcomes of Class XI Students of SMA Negeri 9 Kendari. Supervised by: Mr. Zainuddin S.Pd., M.Pd and Mrs. Halmuniati S.Pd., M.Pd This research was conducted with the aim of (1) to find out the implementation of animation video-based physics learning media on mechanical wave learning materials. (2) To find out whether there is a difference between student learning outcomes in the experimental class and the control class before treatment. (3) To find out whether there is a difference between student learning outcomes before and after treatment in the experimental class and the control class. (4) To find out whether there is a difference between student learning outcomes in the experimental class and the control class after treatment. This research is an experimental research which is included in a quasi-experimental study with a nonequivalent control group design. The population in this study were all students of class XI MIPA SMA Negeri 9 Kendari. The research sample was determined by purposive sampling technique. Class XI MIPA1 as the experimental class and class XI MIPA5 as the control class. The data analysis technique used descriptive and inferential analysis. The results showed: (1) There was no difference between student learning outcomes in the experimental class and the control class before treatment, where tcount (0.2502) < ttable (2.0129). (2) There is a difference between student learning outcomes before and after treatment in the experimental and control classes, where tcount (32,641) > ttable (1,714) for the experimental class and tcount (25,516) > ttable (1,714) for the control class. (3) There is a difference between student learning outcomes in the experimental class and the control class after treatment, where tcount (2.2142) > ttable (2.0129). Keywords: Effectiveness, Physics Learning Outcomes, Animation Video Media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hasil Belajar Fisika, Media Video Animasi.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Fisika, Media Video Animasi.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Fisika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:15
Last Modified: 29 Dec 2022 07:15
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4059

Actions (login required)

View Item View Item