PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 12 TONGKUNO KABUPATEN MUNA

Hartati, Nim. 18010104024., H (2023) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 12 TONGKUNO KABUPATEN MUNA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
SKRIPSI_HARTATI_COVER_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_HARTATI_BAB I_2.pdf

Download (842kB)
[img] Text
SKRIPSI_HARTATI_BAB II_3.pdf

Download (888kB)
[img] Text
SKRIPSI_HARTATI_BAB III_4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_HARTATI_BAB IV_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB)
[img] Text
SKRIPSI_HARTATI_BAB V_6.pdf

Download (720kB)
[img] Text
SKRIPSI_HARTATI_DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN_7.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hartati, Nim. 18010104024. Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di SDN 12 Tongkuno Kabupaten Muna (Dibimbing oleh: Dr. Abdul Kadir M.Pd, Imaludin Agus M.Pd) Tujuan dalam penelitian ini: (1) Untuk mengetahui bagaimana gaya mengajar guru di SDN 12 Tongkuno. (2) Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar peserta didik di SDN 12 Tongkuno. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar peserta didik di SDN 12 Tongkuno Kabupaten Muna. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan survei yang dilaksanakan di SDN 12 Tongkuno. Dengan menggunakan sampling stratified random sampling, penulis mengambil sampel sebesar 43 dari populasi yang berjumlah 76 peserta didik di kelas IV, V, VI. Data gaya mengajar guru dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif melalui rumus (persentase, mean, median, modus, varians, tabel kecenderungan dan standar deviasi) dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik (uji normalitas, uji lineraitas, uji heteroskedastisitas) dan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dimana pada analisis tersebut terdapat uji persial (uji T, dan uji koefisien determinasi) hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: Terdapat pengaruh gaya mengajar klasik guru terhadap motivasi belajar peserta didik dengan kontribusi 38.3%. pada koefisien determinan (R²) gaya mengajar (X) dan motivasi belajar (Y) berpengaruh positif dan signifikan. Semakin baik gaya mengajar guru maka semakin tinggi motivasi belajar peserta didik di SDN 12 Tongkuno Kabupaten Muna. Kata Kunci: Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar Peserta Didik
Uncontrolled Keywords: Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar Peserta Didik
Subjects: Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:44
Last Modified: 16 Jan 2023 01:44
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4117

Actions (login required)

View Item View Item