STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI SMA NEGERI 1 ASERA KECAMATAN ASERA KABUPATEN KONAWE UTARA

HUKRANDI, 12010101052 (2016) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI SMA NEGERI 1 ASERA KECAMATAN ASERA KABUPATEN KONAWE UTARA. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)

Abstract

Penelitian ini tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di SMA Negeri 1 Asera. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan bentuk-bentuk kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Asera dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Asera. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripsi berupa kata-kata tertulis atau tulisan dari informan dan perilaku yang dapat diamati. Objek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, Wakasek Kesiswaan SMA Negeri 1 Asera. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah dengan caraobservasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Bentuk-bentuk kenakalan di SMA Negeri 1 Asera tergolong dalam kenakalan ringan seperti tidak memperhatikan guru saat pembelajaran berlangsung, mengakses internet/facebook saat proses pembelajaran, berofo sendiri (selfie), membuang sampah sembarang, berkeliaraan saat jam belajar berlangsung, keluar dari lingkungan sekolah tanpa minta izin. Adapun kenakalan-kenakalan yang sedang seperti membawa handphone di sekolah, berpacaran di sekolah, merusak atau mengotori gedung sekolah. Sedangkan kenakalan-kenakalan berat seperti membawa rokok di sekolah, merokok di lingkungan sekolah dan menghisap lem (mumbul). Adapun strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Aserayaitu melalui pemberian nasehat kepada siswa di kelas atau secara individual, memberikan pendidikan agama secara baik, yasinan bersama dan pelaksanaan sholat dzuhur berjamaah di mushollah sekolah, pembinaan terhadap siswa yang melakukan kenakalan di sekolah, pembinaan terhadap siswa yang telah mengalami tingkah laku kenakalan atau yang telah menjalani suatu hukuman akibat kenakalanya, pemberian hukuman yang memberi efek jera pada siswa yang melakukan kenakalan di sekolah. Kata kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Kenakalan Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, M.A
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Kenakalan Siswa
Subjects: Islam (Umum)
Depositing User: La Ode Asmin .
Date Deposited: 25 Aug 2017 01:26
Last Modified: 25 Aug 2017 01:59
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/42

Actions (login required)

View Item View Item