PENGEMBANGAN MORAL DAN AGAMA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA KISAH ISLAMI TAMAN KANAK-KANAK SEGAR JAYA DESA LAMEURU KABUPATEN KONAWE SELATAN

Sri Sundari, Nim: 16010105022, S (2023) PENGEMBANGAN MORAL DAN AGAMA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA KISAH ISLAMI TAMAN KANAK-KANAK SEGAR JAYA DESA LAMEURU KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sri Sundari, Nim: 16010105022 “Pengembangan Moral dan Agama Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Kisah Islami di Kelompok B TK Segar Jaya Desa Lameuru Kabupaten Konawe Selatan”, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari. (Dibimbing Oleh: Dr. Hj. Hadi Machmud, M.Pd) Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pengembangan moral dan agama anak usia dini melalui metode bercerita menggunakan kisah Islami di TK Segar Jaya Desa Lameuru. Bercerita merupakan suatu kegiatan bertutur dan menyampaikan kisah atau memberikan penjelasan secara lisan, yang bertujuan agar pesan-pesan, nilainilai maupun informasi tersampaikan kepada anak usia dini. Cara ini menjadi efektif digunakan seorang guru karena menarik dan menyenangkan untuk didengarkan oleh anak. Tekhnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dari data hasil observasi anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan metode bercerita menggunakan kisah Islami dapat meningkatkan pengembangan moral dan agama anak, dengan hasil saat pra siklus hanya 10,13% anak didik mendapatkan nilai moral dan agama berkembang sesuai harapan, setelah dilaksanakan tindakan, mencapai nilai 21,315% dengan nilai ratarata 43,94 di siklus I, dan mengalami peningkatan sebesar 35,532% dengan nilai rata-rata 78,40 pada siklus II. Hal ini dapat dilihat dari persentase yang telah mencapai indikator perkembangan: Anak dapat mengenal Tuhannya dan ciptaanNya, anak dapat mengetahui hari raya dan tempat ibadah sesuai dengan agamanya, anak dapat mengerjakan gerakan ibadah berdoa dan salim tangan guru dengan benar, anak dapat memahami perilaku mulia dengan membantu teman yang kesulitan, dan anak dapat menjaga kebersihan diri juga lingkungan sekitar. Kata Kunci : Pengembangan Moral dan Agama, Anak Usia Dini, Metode Bercerita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pengembangan Moral dan Agama, Anak Usia Dini, Metode Bercerita
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Moral dan Agama, Anak Usia Dini, Metode Bercerita
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Ahlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 22 Feb 2023 07:18
Last Modified: 22 Feb 2023 07:18
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4293

Actions (login required)

View Item View Item