ADI SAPUTRA, NIM:08010101061 (2012) IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN PENYULUHAN DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA SMP NEGERI I ASERA KECAMATAN ANDOWIA KABUPATEN KONAWE UTARA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
CAFER ADI.doc Download (186kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI I.doc Download (107kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (45kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (82kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (42kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (173kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (32kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (29kB) |
|
Text
Petikan hasil wawancara.doc Download (51kB) |
Abstract
ABSTRAK ADI SAPUTRA, Nim. 08010101061, Judul Skripsi “Implementasi Bimbingan dan Penyuluhan Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa SMP Negeri I Asera Kecamatan Andowia Kabupaten Konawe Utara” (dibimbing oleh: Drs. Amri, M. Th. I dan Dr. Husain Insawan, M. Ag ). Skripsi ini membahas tentang Implementasi Bimbingan dan Penyuluhan Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa SMP Negeri I Asera, penulis mengangkat judul ini karena melihat kondisi kelakuan siswa yang sangat memprihatinkan, di SMP Negeri I Asera ini memiliki berbagai macam masalah, khususnya mengenai kenakalan siswa yang seringkali terjadi baik itu dalam proses pembelajaran maupun diluar pembelajaran. Penyebab dari kenakalan siswa adalah menurun atau rendahnya moral dan akhlak peserta didik sehingga dengan mudah terpengaruh oleh lingkungan ataupun pergaulan sehari-hari. Masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah (a) Bagaimana bentuk- bentuk kenakalan siswa SMP Negeri I Asera, (b) bagaimana implementasi bimbingan penyuluhan dalam menanggulangi kenakalan siswa SMP Negeri I Asera, dengan tujuan penelitian yaitu: (a)Untuk Bentuk-bentuk kenalakan siswa di SMP Negeri I Asera Kecamatan Andowia Kabupaten Konawe Utara, (b) Untuk mengetahui Implementasi dari langkah-langkah bimbingan penyuluhan dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMP Negeri I Asera Kecamatan Andowia Kabupaten Konawe Utara. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan tehnik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan metode pengolahan data secara deskriptif kualitatif yakni menggambarkan sekaligus mengkaji kondisi ril obyek penelitian berdasarkan data-data otektik yang dikumpulkan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kenakalan siswa di SMP Negeri I Asera itu beragam, yang sering kali terjadi dan ditangani oleh guru bimbingan penyuluhan, seperti merokok, bolos, mimum- minuman keras, berkelahi, pemajakan, dan lain-lain. Dengan demikian banyak kasus yang sering terjadi dan bisa merugikan diri sendiri dan orang lain, khususnya di SMP Negeri I Asera. Maka melihat semua itu, sekolah sangat membutuhkan keberadaan guru bimbingan Penyuluhan yang ahli dalam menangani masalah- masalah yang sering terjadi sekolah tersebut. Di SMP Negeri I Asera, sudah memiliki guru BK yang mampu memberikan layanan kepada semua siswa, baik yang bermasalah maupun yang tidak bermasalah. Dengan keberadaan guru BP, maka siswa SMP Negeri I Asera merasa terbantu ketika mereka harus menghadapi masalah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Bimbingan dan Penyuluhan, Menanggulangi Kenakalan Siswa |
Subjects: | Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Sabania Mariona |
Date Deposited: | 03 May 2018 03:54 |
Last Modified: | 03 May 2018 03:54 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/534 |
Actions (login required)
View Item |