PENERAPAN METODE AN-NAHDIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA ALQURAN (BA) DI TAMAN PENDIDIKAN ALQURAN (TPQ) PONDOK PESANTREN UMMUL QURRA’ KENDARI KEMAMPUAN BACA ALQURAN (BA) DI TAMAN PENDIDIKAN

ZULFAIDAH SAPUTRI SYARIFUDDIN, Nim : 13010101175 (2017) PENERAPAN METODE AN-NAHDIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA ALQURAN (BA) DI TAMAN PENDIDIKAN ALQURAN (TPQ) PONDOK PESANTREN UMMUL QURRA’ KENDARI KEMAMPUAN BACA ALQURAN (BA) DI TAMAN PENDIDIKAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zulfaidah Saputri Syarifuddin, NIM.13010101175, Judul: “Penerapan Metode An-Nahd} iyah untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Alquran (BA)Santri Di Taman Pendidikan Alquran (TPQ)Pondok Pesantren Ummul Qurra’ Kendari, (Dibimbing Oleh: Dr. Imelda Wahyuni, M.Pd. I). Penelitian ini membahas tentang penerapan metode An-Nahd} iyah untuk meningkatkan kemampuan baca Alquran santri di Taman Pendidikan Alquran (TPQ)Pondok Pesantren Ummul Qurra’ Kendari, sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan metode An-Nahd} iyah dapat meningkatkan kemampuan baca Alquran santri di Taman pendidikan Alquran (TPQ)Pondok Pesantren Ummul Qurra’ Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi peningkatan kemampuan baca Alquran santri melalui penerapan metode An-Nahd} iyah di Taman Pendidikan Alquran (TPQ)Pondok Pesantren Ummul Qurra’ Kendari. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di Taman Pendidikan Alquran (TPQ)Pondok Pesantren Ummul Qurra’ Kendari Kampus B kelas TKA/B dengan jumlah santri 15 orang. Prosedur penelitian ini terdiri dari :1) perencanaan, 2)pelaksanaan tindakan, 3)observasi, 4)evaluasi dan refleksi. Sumber data adalah guru dan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, serta tes tertulis pada tiap siklus untuk mengetahui tingkat kemampuan santri. Faktor yang diselidiki adalah faktor siswa,dan guru. Standar ketuntasan yang ditetapkan adalah apabila minimal 75% siswa mendapat nilai >70. Penelitian berlangsung 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan berdasarkan hasil tes yang diberikan. Daftar nilai pra siklus menunjukkan bahwa 66,67% atau 10 dari 15 santri memperoleh nilai rata-rata 59,7. Hasil tes pada siklus I mengalami peningkatan 6,67% dengan rincian, nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah sebesar 64,33 dengan ketuntasan secara klasikal 73,33% atau siswa yang memperoleh nilai >60 sebanyak 11 orang dari 15 orang jumlah santri. Selanjutnya, hasil tes siklus II mengalami peningkatan 13,33% dengan rincian, nilai rata-rata santri adalah 77,63 dengan ketuntasan secara klasikal 86,67% atau santri yang memperoleh nilai >60 sebanyak 13 orang santri . Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode AnNahd} iyah dapat meningkatkan kemampuan baca Alquran santri di Taman Pendidikan Alquran (TPQ)Pondok Pesantren Ummul Qurra’ Kendari. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru atau ustaz-ustzah menerapkan metode AnNahd}iyah dalam pembelajaran membaca Alquran di Taman Pendidikan Alquran sebagai salah satu alternatif mengatasi rendahnya kemampuan baca Alquran santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imelda Wahyuni, M.Pd. I
Uncontrolled Keywords: AN-NAHDIYAH, BACA ALQURAN
Subjects: Al-Qur'an dan Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 01 Nov 2017 00:38
Last Modified: 01 Nov 2017 00:38
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item View Item