MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID DALAM PEMBELAJARAN PAI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS IV SDN 08 KENDARI BARAT KOTA KENDARI

SUTIRA, NIM : 10010101081 (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID DALAM PEMBELAJARAN PAI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS IV SDN 08 KENDARI BARAT KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Caver Sutira.docx

Download (195kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI dan Abstrak.docx

Download (198kB)
[img] Text
Bab 1-V sutira.doc

Download (34MB)

Abstract

ABSTRAK SUTIRA, NIM. 10010101081. ”Meningkatkan Hasil Belajar Murid Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Murid Kelas IV SDN 08 Kendari Barat Kota Kendari”. (Dibimbing oleh : Syahrul, S.PdI, M.Pd) Penelitian ini berfokus pada peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam murid dengan menggunakan media gambar. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah rendahnya hasil belajar murid pada materi pokok mengenal ketentuan shalat di sekolah dasar, khususnya di kelas IV dengan menggunakan media gambar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar Pendidikan Agama Islam murid kelas IV SDN 08 Kendari Barat dapat ditingkatkan dengan menggunakan media gambar. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam murid kelas IV SDN 08 Kendari Barat dengan menggunakan media gambar. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada materi pokok mengenal ketentuan shalat dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam murid kelas IV SDN 08 Kendari Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada seluruh murid kelas IV SDN 08 Kendari Barat Tahun Akademik 2011/2012 dengan jumlah murid sebanyak 15 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa tes siklus I dan II, setelah pemberian tindakan dan lembar observasi terhadap guru dan murid untuk kondisi pelaksanaan tindakan. Prosedur penelitian ini terdiri dari : (a) perencanaan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi, (d) evaluasi, dan (e) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam murid mengalami peningkatan berdasarkan hasil setiap tes yang diberikan. Dari 15 murid, hasil tes siklus I menunjukkan bahwa 9 orang mampu memperoleh nilai 65 keatas dengan nilai rata-rata sebesar 65,33. selanjutnya, hasil tes pada siklus II menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan karena semua murid memperoleh nilai diatas 65 dengan nilai rata-rata 79,33. kelemahan pembelajaran pada siklus I dapat diperbaiki oleh guru/peneliti pada siklus II, murid tampak lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Berdasarkan indikator kinerja, disimpulkan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada materi pokok mengenal ketentuan shalat dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan guru menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media gambar dalam mengajar khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu alternatif mengatasi rendahnya hasil belajar murid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Gambar
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 02 Nov 2017 03:22
Last Modified: 02 Nov 2017 03:22
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/574

Actions (login required)

View Item View Item