PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen di MTsN 1 Wanci Kabupaten Wakatobi)

LA HEWI, NIM 08 01 01 01 064 (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen di MTsN 1 Wanci Kabupaten Wakatobi). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.doc

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc

Download (64kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.doc

Download (44kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (74kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (130kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (528kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (336kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (46kB)
[img] Text
FREKUENSI instrumen.doc

Download (107kB)
[img] Text
Lampiran 1.doc

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK La Hewi (08010101064) Judul Skripsi, “Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Pada Mata Pelajaran Fikih Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen di MTsN 1 Wanci Kabupaten Wakatobi)” di bawah Bimbingan Drs. H. Herman, M.Pd.I Selaku Pembimbing I dan Drs. Abdul Kadir P., M.Pd Selaku Pembimbing II Penelitian pengaruh penerapan model Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran fikih terhadap hasil belajar siswa bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru pada penerapan model Contextual Teaching and Learning di kelompok eksperimen. Selanjutnya mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model Contextual Teaching and Learning serta mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Contextual Teaching and Learning dengan yang menggunakan model konvensional. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran hanya berpusat pada guru, dan siswa menjadi pendengar pasif. Pembelajaran hanya berorientasi pada ketuntasan dan penguasaan materi, padahal tuntutan KSTP sekarang siswa harus banyak berperan dan guru sebagai fasilitator, pada umumnya pembelajaran konvensional paling banyak digunakan oleh guru. Oleh karena itu peneliti melakukan eksperimen dengan model Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini bersifat eksperimen, yang menggambarkan penerapan model Contekstual Teaching and Learning pada mata pelajaran fikih terhadap hasil belajar siswa di MTsN 1 wanci kabupaten wakatobi. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTsN 1 Wanci yang terdaftar pada tahun ajaran 2011-2012 yang jumlah siswa 125 orang, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas VIIIa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIIb sebagai kelompok kontrol yang ditetapkan dengan cara purposive sampling. Hasil observasi pengamat menunjukkan bahwa aktivitas siswa senantiasa mengalami peningkatan mulai dari perlakuan I (152), perlakuan II (191), dan perlakuan III (275). Sementara aktivitas guru berusaha untuk sepenuhnya menerapkan model pembelajaran yang diajarkan, ini terlihat dari perlakuan I (34), perlakuan II (41) dan perlakuan III (48). Hasil belajar siswa (kelompok eksperimen) sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran berbeda secara signifikan. Hasil uji Wilcoxon memperoleh nilai significancy 0,000 (p < 0,05) maka dapat dikatakan bahwa “Terdapat Perbedaan Hasil Belajar Siswa Sebelum dan Sesudah Penerapan Model Contextual Teaching and Learning”. Hasil belajar siswa yang menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbeda secara signifikan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional. Hasil uji Mann-Whitney memperoleh nilai significancy 0,000 (p < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa “Ada Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara yang Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning Dengan yang Menggunakan Model Konvensional”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Mata Pelajaran Fikih, Hasil Belajar
Subjects: Fiqhi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 02 Nov 2017 08:15
Last Modified: 02 Nov 2017 08:15
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/579

Actions (login required)

View Item View Item