UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE NUMBER HEAD (NHT)PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VA SDN 05 BARUGA

SATRI DAYANA SATRI DAYANA SATRI DAYANA, NIM. 13010104029 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE NUMBER HEAD (NHT)PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VA SDN 05 BARUGA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama Penyusun : SATRI DAYANA NIM : 13010104029 Judul Penelitian : “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Cooperatif Learning Tipe Number Head Together (NHT) Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VA SDN 05 Baruga” (Dibimbing Oleh: Sitti Aisyah Mu’min, S.Ag, M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Number Head Together (NHT) pada siswa kelas VA SDN 05 Baruga. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan subjek penelitian siswa kelas VA SDN 05 Baruga yang berjumlah 25 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriftif secara kualitatif dan kuantitatif, deskriftif kuantitatif adalah nilai hasil belajar, sedangkan data yang dianalisis secara deskriftif kuantitatif adalah hasil observasi. Indikator kinerja dalam Penelitian ini adalah 75% siswa mencapai ≥70 KKM pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar IPS kelas VA SDN 05 Baruga dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hasil tes awal yang dilaksanakan sebelum tindakan siklus I, siswa yang mencapai KKM 70 adalah 10 orang (40%) dengan nilai rata-rata 62,2, setelah diadakan tindakan pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 14 orang (63,63%) dengan nilai rata-rata74,23, pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 17 orang (85%) dengan nilai rata-rata 81,62. Dari hasil tes penelitian ini diperoleh kesimpulan, bahwa pembelajran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SDN 05 Baruga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sitti Aisyah Mu’min, S.Ag,
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, KOOPERATIF LEARNING TIPE NUMBER HEADTOGETHER
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 07 Nov 2017 03:15
Last Modified: 07 Nov 2017 07:23
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/605

Actions (login required)

View Item View Item