PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MERUBAH PERILAKU MENYIMPANG SISWA SD NEGERI TOROBULU KECAMATAN LAEYA KABUPATEN KONAWE SELATAN

ISALESIA, 07 01 01 01 389 (2011) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MERUBAH PERILAKU MENYIMPANG SISWA SD NEGERI TOROBULU KECAMATAN LAEYA KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
ABSTRAK ISALESIA.docx

Download (24kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR ISALESIA.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB I. ISA LESIA.doc

Download (64kB)
[img] Text
BAB II. ISA LESIA.doc

Download (160kB)
[img] Text
BAB III. ISA LESIA.doc

Download (77kB)
[img] Text
BAB IV. ISALESIA..doc

Download (199kB)
[img] Text
BABV. ISA LESIA.doc

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI ISALESIA.docx

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ISALESIA.doc

Download (42kB)

Abstract

ABSTRAK Isalesia NIM. 07 01 01 01 389, Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Merubah Perilaku Menyimpang Siswa SD Negeri Torobulu Kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan. (Dibimbing oleh: Drs. H. M. Baharudin Kusman, dan Marniati Kadir, S.Pd. M.Pd). Belum maksimalnya kualitas pendidikan dan terkesan rendahnya kulitas lulusan mengindikasikan adanya problem antara unsur kurikulum, unsur sumber daya pendidikan dan unsur kualitas pendidikan. Ini semua mengindikasikan munculnya masalah perilaku menyimpang atau buruknya tabiat siswa yang terjadi ditengah masyarakat. Untuk itulah peneliti bermaksud mengadakan penelitian guna melihat peran pendidik sebagai aktor penting pelaksana pendidikan yang mengorientasikan pada peran guru pendidikan Islam dalam merubahan perilaku menyimpang siswa SD Negeri Torobulu Kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Kondisi objektif mencerminkan adanya kencederungan siswa di SD negeri Torobulu menerima warisan muatan-muatan nilai perilaku yang positif dan negatif diperoleh melalui interaksi lingkungan sekolah dan masyarakat sehingga membentuk perilaku dan gejolak jiwa yang seolah mengarah kepada adanya bentuk perilaku negatif seperti bentuk pelanggaran disekolah dan masyarakat terhadap norma yang berlaku. Jenis penelitian kualitatif deskriptif menggunakan metode penelitian lapangan. Penentuan informan dilakukan dengan metode snowball sampling yaitu penentuan sumber informan yang diperlukan senantiasa berkembang terus hingga data yang digali benar-benar telah mencapai titik jenuh. Pengumpulan data penelitian ditempuh dengan teknik observasi partisipan, wawancara, dan studi dokumentasi, selanjutnya pengelolaan data ditempuh dengan teknik reduksi, display dan verifikasi data kemudian diadakan pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi, member chek, analisis kasus negatif, perpanjangan keikutsertaan pengamatan dan peningkatan ketekunan pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru pendidikan agama Islam dalam merubah perilaku menyimpang siswa SD Negeri Torobulu diwujudkan melalui pembentukan budaya bermuatan nilai-nilai islami tertanam dalam diri anak didik, ditempuh dengan pemberian contoh figur teladan, pembiasaan, latihan, bimbingan, dan nasihat, dengan mengkolaborasikan pengguaan metode lebih tepat dan ideal dengan memperhatikan karakter perkembangan anak. Upaya peningkatan peran guru PAI Terhadap Perubahan Perilaku menyimpang Sosial Siswa SD Negeri Torobulu ditempuh dengan langkah strategis sebagai usaha guru pendidikan agama Islam yakni pendidikan disiplin melalui penerapan aturan sekolah, penciptaan suasana religius di sekolah, Kerja sama guru PAI dengan guru mata pelajaran lain, pendidikan dengan keteladanan, meningkatkan fasilitas pembelajaran PAI, metode pembelajaran PAI yang variatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peranan Guru Pendidikan Agama Islam , Perilaku Menyimpang
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 09 Nov 2017 08:16
Last Modified: 09 Nov 2017 08:16
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item View Item