PENERAPAN SISTEM SYARIAH PADA MULTILEVEL MARKETING SYARIAH (STUDI KASUS DI STOKIST K-LINK LALOLARA KENDARI)

ADRIYANI IDRIS, NIM: 10 02 01 02 003 (2015) PENERAPAN SISTEM SYARIAH PADA MULTILEVEL MARKETING SYARIAH (STUDI KASUS DI STOKIST K-LINK LALOLARA KENDARI). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Adriyani Idris Nim : 10020102003 Judul Skripsi : Penerapan Sistem Syariah Pada Multilevel Marketing Syariah (Studi Kasus Di Stokist K-Link Lalolara Kendari). Multilevel Marketing merupakan salah satu bisnis yang memutar roda perekonomian dengan menjanjikan kesuksesan dan penghasilan yang melimpah dalam waktu yang singkat namun ulama kontemporer mengeluarkan fatwa yaitu mengharamkan bisnis MLM dengan alasan bisnis tersebut termasuk dalam money game dan mengandung unsur riba. Seiring berjalannya waktu, salah satu perusahaan MLM terbesar yaitu K-Link Internasional menjadi salah satu Multilevel Marketing yang berbasis syariah. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pokok permasalahan yaitu : Bagaimana Penerapan Sistem Syariah Pada Multilevel Marketing Syariah(Studi Kasus Di Stokist K-Link Lalolara Kendari). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research)dengan metode deskriptif kualitatif, yaitu menganalisa secara aplikatif dan memahami fenomena yang terjadi pada penerapan sistem syariah pada K-Link Internasional di Stokist Lalolara Kendari. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologi dan normatif yaitu untuk memudahkan peneliti dalam pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan untuk menjelaskan masalah yang dikaji dengan norma atau hukum baik Al-Qur’an maupun Hadits. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara kualitatif dengan logika berpikir induktif dan deduktif, dengan menggambarkan data yang diperoleh menurut kategorinya sehingga dapat diperoleh suatu kesimpulan. Penerapan sistem syariah yang terdapat pada K-Link Internasional melalui produk yang telah bersertifikat halal dan BPOM, sistem yang digunakan adalah breakaway dimana setiap member diberikan keadilan dalam meniti karir di K-Link dengan tidak merugikan member baru/downline, sedangkan bonus yang didapatkan sesuai dengan hasil kerja keras dan usaha member. Dari tinjauan hukum Islam, MLM diperbolehkan selama dalam penerapannya sesuai dengan ketentuan dan syarat MUI, dan praktiknya tidak melanggar syariat Islam. MLM syariah adalah bisnis jual beli dengan adanya saling menguntungkan satu sama lain dan terjalinnya persaudaraan dan silaturahmi antar sesama member maupun masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Muh. Idris, M. Ag DAN Mahruddin, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: SISTEM SYARIAH, MULTILEVEL MARKETING SYARIAH
Subjects: Fiqhi
Divisions: Fakultas Syariah > Prodi Muamalah
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 13 Nov 2017 07:52
Last Modified: 13 Nov 2017 07:52
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item View Item