PERAN GURU (PAI) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN. 9 BARUGA KEL. WATUBANGGA KEC. BARUGA KOTA KENDARI

LINA SURIANI, NIM: 09010101085 (2015) PERAN GURU (PAI) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN. 9 BARUGA KEL. WATUBANGGA KEC. BARUGA KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (982kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK NAMA: Lina Suriani, Nim: 09010101085, Program Studi Kependidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, Judul skripsi: Peran Guru (PAI) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SDN. 9 Baruga Kel. Watubangga Kec. Baruga Kota Dibimbing oleh Drs. HJ. Siti Nurseha Gazali, M.Si Abbas. S.Ag M.A SD Negeri 09 Baruga , Guru berhadapan langsung dengan para peserta didik dikelas melalui proses belajar mengajar. Oleh sebab itu dalam proses belajar mengajar motivasi sangat dibutuhkan untuk membangkitkan semangat dalam mempelajari agama Islam. Dengan proses belajar mengajar yang monoton siswa akan merasakan kejenuhan saat proses belajar mengajar, maka adanya strategi pembelajaran bervariasi akan membantu dalam peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam khususnya kemampuan siswa dalam memahami pelajaran tentang agama Islam. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana motivasi belajar siswa SDN.9 Baruga Kel. Watubangga Kec. Baruga Kota Kendari? Bagaimana peran Guru agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar di SDN. 9 Baruga kel. Watubanga Kec. Baruga Kota Kendari? Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif.Subjek penelitian ini adalah Guru agama, dan Siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi dengan pola pemikiran induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwaKeadaan motivasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam di SDN.9 Baruga Kel. Watu bangga Kec. Baruga cukup baik, hal ini terbukti bahwa siswa memiliki motifasi kuat mengikuti mata pelajaran agama Islam, walaupun masih ada sebagian kecil siswa yang kurang memperhatikan guru ketika menyampaikan materi pelajaran tersebut. Dengan menggunakan metode yang variatif yang dapat menciptakan kondisi kelas yang aktif sehingga tercapainya tujuan proses belajar mengajar. Menumbuhkan kesadaran diri siswa akan penting dan manfaatnya pendidikan agama Islam dalam kehidupan sehari-hari di dunia maupun kehidupan kelak di akhirat. Mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan di luar jam pelajaran sekolah/ kegiatan ekstra kurikuler yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa seperti: Yasin, Peringatan hari-hari besar Islam, Studi Islam Intensif. . Faktor penghambatnya adalah 1.Guru, orang tua wali dan masyarakat serta semua komponen yang ada di sekolah sehingga kegiatan- kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan efektif dan efisien serta memudahkan dalam pencapaian tujuan pendidikan yang maksimal. 2.Guru hendaknya memperlakukan siswa sesuai dengan perkembangan psikologis siswa terutama dengan tingkat perkembangan jiwa dan agama siswa. 3.Hendaknya siswa lebih tekun lagi belajar, khususnya belajar agama Islam, baik itu di sekolah maupun di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. HJ. Siti Nurseha Gazali, M.SiDAN Abbas. S.Ag M.A
Uncontrolled Keywords: GURU, MOTIVASI, BELAJAR
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 13 Nov 2017 08:02
Last Modified: 13 Nov 2017 08:02
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item View Item