IMPLEMENTASI MBS DALAM PENINGKATAN KAPASITAS SEKOLAH DI SMP NEGERI 4 KENDARI

SUSIYANTI, NIM. 11010103033 (2015) IMPLEMENTASI MBS DALAM PENINGKATAN KAPASITAS SEKOLAH DI SMP NEGERI 4 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
CAVER.doc

Download (268kB)
[img] Text
BAB I sip.doc

Download (56kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (108kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (73kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Susiyanti, NIM. 11010103033. “Implementasi MBS Dalam Peningkatan Kapasitas Sekolah di SMP Negeri 4 Kendari”. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Melalui Bimbingan Drs. Masdin, M.Pd, dan Dr. Ambar Sri Lestari, M.Pd Skripsi ini membahas tentang implementasi MBS dalam peningkatan kapasitas sekolah di SMP Negeri 4 Kendari, dengan rumusan masalah apakah implementasi MBS dapat meningkatan kapasitas sekolah di SMP Negeri 4 Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi MBS dalam peningkatan kapasitas sekolah di SMP Negeri 4 Kendari. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kwalitatif. Tehnik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi yang sistematis terhadap gejala-gejala yang diteliti. Implementasi MBS yang dimaksud yaitu penerapan sistim manajemen sekolah yang diberikan kebebasan dan kewenangan disertai tanggung jawab yang luas untuk mandiri, maju dan berkembang baik dalam pengelolaan kurikulum, proses belajar mengajar, ketenagaan, keuangan, pelayanan siswa, dan HUSEMAS. Sedangkan Peningkatan Kapasitas yang dimaksud adalah upaya peningkatan kualitas sumber daya sekolah untuk mendorong sekolah agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. indikatornya yaitu meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan keahlian yang dimiliki sekolah serta sistem untuk memperkuat kemampuan sekolah sehingga mampu mempertahankan kapasitasnya di tengah perubahan yang terjadi secara terus menerus. Implementasi manajemen berbasis sekolah yang dilakukan di SMP Negeri 4 Kendari meliputi dimensi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta dimensi pengawasan dan penilaian. Dan masing-masing terdiri dari bidang kurikulum, proses belajar mengajar, kesiswaan, ketenagaan, sarana dan prasarana serta bidang keuangan. Peningkatan kapasitas sekolah yang dilakukan di SMP Negeri 4 Kendari meliputi Peningkatan Sarana dan Prasarana yang Masih Kurang, Meningkatkan kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran dan Memberikan motivasi kepada guru untuk senantiasa mengembangkan diri dalam melaksanakan tugas profesionalnya sebagai seorang guru. Berdasarkan hasil penelitian dikemukakan bahwa Implementasi MBS di SMP Negeri 4 Kendari telah meningkatkan kapasitas sekolah. Hal ini terlihat dari jumlah siswa SMP Negeri 4 Kendari dari tahun ketahun cukup mengalami peningkatan, masyarakat sangat berpartisipasi aktif dalam permasalahan pendanaan, guru yang mempunyai loyalitas yang tinggi, siswa yang masih polos dan belum banyak pengaruh, dan sarana dan prasarana yang memadai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Masdin, M.Pd, dan Dr. Ambar Sri Lestari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI MBS, KAPASITAS
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 14 Nov 2017 06:39
Last Modified: 14 Nov 2017 06:39
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item View Item