SUSIYANTI, NIM. 11010103033 (2015) IMPLEMENTASI MBS DALAM PENINGKATAN KAPASITAS SEKOLAH DI SMP NEGERI 4 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
CAVER.doc Download (268kB) |
|
Text
BAB I sip.doc Download (56kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (108kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (73kB) |
|
Text
BAB IV.doc Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (36kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (34kB) |
Abstract
ABSTRAK Susiyanti, NIM. 11010103033. “Implementasi MBS Dalam Peningkatan Kapasitas Sekolah di SMP Negeri 4 Kendari”. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Melalui Bimbingan Drs. Masdin, M.Pd, dan Dr. Ambar Sri Lestari, M.Pd Skripsi ini membahas tentang implementasi MBS dalam peningkatan kapasitas sekolah di SMP Negeri 4 Kendari, dengan rumusan masalah apakah implementasi MBS dapat meningkatan kapasitas sekolah di SMP Negeri 4 Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi MBS dalam peningkatan kapasitas sekolah di SMP Negeri 4 Kendari. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kwalitatif. Tehnik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi yang sistematis terhadap gejala-gejala yang diteliti. Implementasi MBS yang dimaksud yaitu penerapan sistim manajemen sekolah yang diberikan kebebasan dan kewenangan disertai tanggung jawab yang luas untuk mandiri, maju dan berkembang baik dalam pengelolaan kurikulum, proses belajar mengajar, ketenagaan, keuangan, pelayanan siswa, dan HUSEMAS. Sedangkan Peningkatan Kapasitas yang dimaksud adalah upaya peningkatan kualitas sumber daya sekolah untuk mendorong sekolah agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. indikatornya yaitu meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan keahlian yang dimiliki sekolah serta sistem untuk memperkuat kemampuan sekolah sehingga mampu mempertahankan kapasitasnya di tengah perubahan yang terjadi secara terus menerus. Implementasi manajemen berbasis sekolah yang dilakukan di SMP Negeri 4 Kendari meliputi dimensi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta dimensi pengawasan dan penilaian. Dan masing-masing terdiri dari bidang kurikulum, proses belajar mengajar, kesiswaan, ketenagaan, sarana dan prasarana serta bidang keuangan. Peningkatan kapasitas sekolah yang dilakukan di SMP Negeri 4 Kendari meliputi Peningkatan Sarana dan Prasarana yang Masih Kurang, Meningkatkan kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran dan Memberikan motivasi kepada guru untuk senantiasa mengembangkan diri dalam melaksanakan tugas profesionalnya sebagai seorang guru. Berdasarkan hasil penelitian dikemukakan bahwa Implementasi MBS di SMP Negeri 4 Kendari telah meningkatkan kapasitas sekolah. Hal ini terlihat dari jumlah siswa SMP Negeri 4 Kendari dari tahun ketahun cukup mengalami peningkatan, masyarakat sangat berpartisipasi aktif dalam permasalahan pendanaan, guru yang mempunyai loyalitas yang tinggi, siswa yang masih polos dan belum banyak pengaruh, dan sarana dan prasarana yang memadai
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Drs. Masdin, M.Pd, dan Dr. Ambar Sri Lestari, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | IMPLEMENTASI MBS, KAPASITAS |
Subjects: | Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 06:39 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 06:39 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/656 |
Actions (login required)
View Item |