PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN LADIANTA KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN

RITA JAHARA, NIM. 13010101186 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN LADIANTA KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
PERPUSTAKAAN'.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rita Jahara. Nim 13010101186. Peningkatan Hasil Belajar pendidikan agama Islam (PAI) Melalui Metode Index Card MatchPada Siswa Kelas IV SDN Ladianta Kabupaten Konawe Kepulauan. Dibimbing oleh Abbas,MA Permasalahan Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan Metode pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran PAI pada materi mengenal malaikat dan tugasnya. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran PAI pada materi materi malaikat dan tugasnya; 3) Bagaimana prestasi belajar siswa pada materi Malaikat dan tugasnya dengan menggunakan model pembelajaran Listening Teamdalam pembelajaran PAI. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui metode Index Card Match pada materi Malaikat dan tugasnya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan prestasi belajar PAI dengan materi Malaiakat dan tugasnya padasiswa Kelas IV SDN Ladianta. Penelitian ini bermanfaat bagi setiap pendidik dalam mencari, menemukan, dan mendayagunakan model pembelajaran yang ada sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Index Card Match padamateri malaikat dan tugasnya 60% penilaian menunjukkan kriteria baik. Terjadi peningkatan penilaian pada siklus II, dengan perolehan nilai baik menjadi 85%. Sedangkan penggunaan motode Index Card Match pada materi Malaikat dan tugasnya dalam pembelajaran PAI juga mengalami peningkatan. Siklus I memperoleh nilai 60% dan siklus II 85%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Rata-rata siklus I sebesar 80 dengan ketuntasan klasikal 60%, meningkat pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar pendidikan agama Islam (PAI) Melalui Metode Index Card Match
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 16 Nov 2017 02:44
Last Modified: 16 Nov 2017 02:44
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/676

Actions (login required)

View Item View Item