WIDIANA, NIM : 13010101088 (2017) POLA PEMBINAAN AGAMA ISLAM REMAJA PUTUS SEKOLAH PADA MASYARAKAT PETANI DI DESA LALOWOSULA KECAMATAN LADONGI KABUPATEN KOLAKA TIMUR. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (922kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (232kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK WIDIANA, NIM. 13010101088, Pola Pembinaan Agama Islam Remaja Putus Sekolah pada Masyarakat Petani Desa Lalowosula Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur (dibimbing oleh ibu Dr. Imelda Wahyuni, S.S, M.Pd.I) Penelitian ini membahas tentang pola pembinaan agama Islam remaja putus sekolah pada masyarakat petani di Desa Lalowosula Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bgaimana Pola Pembinaan Agama Islam Remaja Putus Sekolah pada Masyarakat Petani di Desa Lalowosula Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur, dengan mengangkat beberapa permasalahan yaitu 1) Bagaimana gambaran remaja putus sekolah pada masyarakat Petani Desa Lalowosula Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur, 2) Bagaimana pola pembinaan agama islam remaja putus sekolah pada masyarakat Petani Desa Lalowosula Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi atau pengamatan secara langsung di lapangan, wawancara yaitu melakukan tanya jawab secara langsung dengan responden, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data adalah data-data dikumpul, dipelajari, dirangkum dan dipilih data yang dibutuhkan, pengorganisasian data adalah data yang diperoleh dikelompokkan, pengolahan data adalah data yang telah dikumpul dan dikelompokkan dikaji sehingga menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian menerangkan bahwa kondisi obyektif remaja putus sekolah di Desa Lalowosula Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur, pada umumnya mereka putus sekolah karena kurang pemahaman mereka terhadap pentingnya pendidikan, selain itu masih banyak faktor diantaranya, 1).Kurangnya perhatian atau pengawasan orang tua terhadap kegiatan belajar anak dirumah. 2).Figur orang tua yang senantiasa melihat keberhasilan seseorang berdasarkan ukuran praktis dan pragmatis. Artinya dimata orang tua yang terpenting adalah anak dapat bekerja dan mencari uang sendiri. 3).Kesadaran terhadap kebutuhan belajar anak kurang. Kemudian Pola pembinaan agama Islam yang dapat dilakukan pada remaja putus sekolah pada masyarakat petani di Desa Lalowosula Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur yakni dengan melakukan kegiatan keagamaan malam jum’at, dengan adanya kegiatan malam jum’at tersebut pembinaan yang dapat di lakukan diantaranya: 1).Pembinaan rohani dengan adanya pembinaan rohani remaja putus sekolah mendapatkan pendidikan iman, pendidikan ibadah, pendidikan akhlak, pendididikan kemandirian, 2). Pembinaan pola pikir, dapat membentuk pemikiran remaja putus sekolah dengan mengaplikasikan pendidikan iman, pendidikan ibadah, pendidikan akhlak dan pendidikan kemandirian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Imelda Wahyuni, S.S, |
Uncontrolled Keywords: | PEMBINAAN, AGAMA ISLAM,DAN REMAJA PUTUS SEKOLAH |
Subjects: | Islam (Umum) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 25 Nov 2017 02:33 |
Last Modified: | 25 Nov 2017 02:33 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/738 |
Actions (login required)
View Item |