MARYAM, NIM.13010101110 (2017) STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN ANTARA METODE KAISA DAN METODE WAFA PADA SANTRI RUMAH TADABBUR QUR’AN (RTQ)HOMBIS KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (172kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Maryam NIM.13010101110. Studi Komparatif Kemampuan Menghafal AlQur’an antara Metode Kaisa dan Metode Wafa pada Santri Rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) Hombis Kota Kendari. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari melalui bimbingan Bapak Dr. Abdul Kadir, M.Pd Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) perbedaan kemampuan menghafal al-Qur’an santri di Rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) Hombis kota Kendari sebelum menggunakan metode Kaisa dan metode Wafa, (2) perbedaan kemampuan menghafal al-Qur’an santri di RTQ Hombis kota Kendari sebelum dan sesudah menggunakan metode Kaisa, (3)perbedaan kemampuan menghafal al-Qur’an santri di RTQ Hombis kota Kendari sebelum dan sesudah menggunakan metode Wafa, (4) perbedaan kemampuan menghafal al-Qur’an santri di RTQ Hombis kota Kendari sesudah menggunakan metode Kaisa dan metode Wafa Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) Hombis kota Kendari selama kurang lebih 3 (tiga) bulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan rancangan pretestposttest control group design. Populasi dan sampel penelitian ini ditetapkan 2 (dua) kelas. Masing-masing 1 (satu) kelas eksperimen dengan jumlah 15 (lima belas) orang dan 1 (satu) kelas kontrol dengan jumlah 15 (lima belas)orang. Instrumen penelitian ini menggunakan tes untuk mengetahui kemampuan menghafal sebelum dan sesudah perlakuan yang diamati melalui lembar observasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah t-test pada taraf signifikansi 5% atau nilai signifikansi dengan taraf 0,05 (setelah memenuhi uji persyaratan normalitas dan homogenitas). Hasil penelitian ini diperoleh bahwa; (1)Tidak ada perbedaan kemampuan menghafal al-Qur’an santri sebelum diberi perlakuan metode Kaisa dan metode Wafa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,889 sehingga H diterima karena nilai signifikansinya lebih besar dari 0,05 (2)Terdapat perbedaan yang positif dan signifikan kemampuan menghafal al-Qur’an santri sebelum dan sesudah diberi perlakuan metode Kaisa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 sehingga H diterima karena nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 (3)Terdapat perbedaan yang positif dan signifikan kemampuan menghafal al-Qur’an santri sebelum dan sesudah diberi perlakuan metode Wafa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi adalah 0,000 sehingga H 1 diterima karena nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 (4)Terdapat perbedaan yang positif dan signifikan kemampuan menghafal al-Qur’an santri sesudah diberi perlakuan metode Kaisa dan metode Wafa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi adalah 0,02 sehingga H diterima karena nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05. 1 0 1
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Abdul Kadir, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | METODE KAISA DAN METODE WAFA |
Subjects: | Al-Qur'an dan Ilmu Tafsir |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 00:32 |
Last Modified: | 05 Dec 2017 00:32 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/786 |
Actions (login required)
View Item |