PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DI SDN 12 KENDARI BARAT KOTA KENDAR

HAJRA, NIM. 13010101141 (2017) PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DI SDN 12 KENDARI BARAT KOTA KENDAR. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak Hajra, 13010101141, Pengelolaan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Siswa Di SDN 12 Kendari Barat Kota Kendari (Dibimbing oleh: Dr. Hj.St. Kuraedah, M. Ag) Penelitian ini berjudul pengelolaan perpustakaan sebagai Sumber belajar di SDN 12 Kendari barat Kota Kendari dengan permasalahan bagaimana pelaksanaan pengelolaan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa di SDN 12 Kendar Barat Kota Kendari? Hambatan apa yang dihadapi dalam pengelolaan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa di SDN 12 Kendari Barat Kota Kendari? Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa di SDN 12 Kendari Brat Kota Kendari dan untuk mengetahui hambatan pengelolaan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa di SDN 12Kendaari Barat Kota Kendari Dalam skripsi ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, interview, dan documentasi. Observasi yaitu pengamatan secara langsung di lapangan, interview yaitun mengadakan wawancara secara langsung dengan melakukan Tanya jawab dengan informan, dan dokumentasi yaitu mencatat dokument-dokumen yang berhubungan dengan isi skripsi. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data adalah data-data dikumpul, dipelajari, dirangkum dan dipilih data yang dibutuhkan, pengorganisasian data adalah data yang diperoleh dan dikelompokan, pengelohan data adalah data yang telah dikumpul dan dikelompokan dikaji sehingga menghasilkan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan pengelolaan perpustakaan sebagai sumber belajar belum berjalan maksimal. Beberapa aspek pengelolaan perpustakaan masih memiliki banyak kekurangan, seperti fasilitas gedung atau ruangan yang belum memenuhi syarat, pemilihan lokasi yang belum tepat, penyediaan peralatan dan perlengkapan yang belum lengkap, tata ruang perpustakaan yang belum maksimal, koleksi bahan pustaka masih sedikit, tenaga tata usaha perpustakaan belum terkoordinasi, sumber pembiayaan perpustakaan yang belum direalisasi, pelayanan perpustakaan masih belum terkordinir serta belum adanya tata tertib perpustakaan yang jelas. Hal-hal tersebut membuat siswa kurang terdorong untuk menjadikan perpustakan sebagi sumber belajar. Hambatan dalam pengelolaan perpustakaan sebagi sumber belajar adalah fasilitas gedung atau ruangan yang kurang layak, koleksi buku yang masih terbatas, peralatan dan perlengkapan yang belum lengkap, dukungan orang tua yang minim, dan terbatasnya kuota bantuan yang diberikan pemerintah melalui dinas pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj.St. Kuraedah, M. Ag
Uncontrolled Keywords: PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN, SUMBER BELAJAR
Subjects: Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 18 Dec 2017 01:35
Last Modified: 18 Dec 2017 01:35
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/839

Actions (login required)

View Item View Item