PENGARUH PEMBERIAN BIMBINGAN KALIGRAFI AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA MTs UMMUSSABRI KENDARI

JAMALUDDIN, NIM. 12010101021 (2017) PENGARUH PEMBERIAN BIMBINGAN KALIGRAFI AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA MTs UMMUSSABRI KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (934kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (971kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jamaluddin, NIM. 12010101021. Pengaruh Pemberian Bimbingan Kaligrafi Al- Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Mts Ummussabri Kendari (Dibimbing oleh: Dra.Hj. St. Fatimah Kadir, M.A) Skripsi ini membahas tentang pengaruh pemberian bimbingan kaligrafi Al- Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa MTs ummussabri Kendari, dengan rumusan masalah 1). Bagaimana bentuk pemberian bimbingan kaligrafi Al-Qur’an pada siswa MTs Ummusshabri Kendari? 2). Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an pada siwa MTs Ummusshabri Kendari? 3). Apakah pemberian bimbingan kaligrafi Al-Qur’an memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa MTs Uumussabri Kendari ? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pembeberian bimbingan kaligrafi Al-Qur’an, serta kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa MTs Ummussabri Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pola analisis statistika, populasi penelitian ini berjumlah 12 orang yang berminat kaligrafi dari seluruh siswa MTs Ummussabri Kendari. Dengan demikian teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel jenuh yaitu keseluruhan dari populasi 12 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi dalam melengkapi data penelitian, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial peneliti menggunakan instrumen angket dan wawancara. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan analisis statistik inferensial. Pada analisis koefisien korelasi diperoleh nilai Rxy= 6,29 dikonsultasikan pada r tabel dengan memperhatikan responden taraf signifikan 5%= 0,4575dengan demikin berarti Rhitung>Rtabel (6,29 >0,4575) hal ini diartikan bahwa kontribusi pemberian bimbingan kaligrafi Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an sebesar 6,29 % dan sisanya 17,1% ditentukan oleh variabel lain.. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian bimbingan kaligrafi Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa MTs Ummussabri Kendari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra.Hj. St. Fatimah Kadir, M.A
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kaligrafi, Membaca Al-Qur’an
Subjects: Al-Qur'an dan Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 18 Dec 2017 06:19
Last Modified: 18 Dec 2017 06:19
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/844

Actions (login required)

View Item View Item