PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS V DI SDN 6 MORAMO KABUPATEN KONAWE SELATAN

HELMY ANNISA, NIM. 13010101104 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS V DI SDN 6 MORAMO KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Helmy Annisa, NIM. 13010101104, Peningkatan Hasil Belajar Pai Melalui Metode Learning Start With AQuestion Pada Siswa Kelas V Di SDN 6 Moramo Kabupaten Konawe Selatan, melalui bimbingan Bapak Abbas Tekkeng, MA Skripsi ini berjudul Peningkatan Hasil Belajar PAI Melalui Metode Learning Start With A Question Pada Siswa Kelas V Di SDN 6 Moramo Kabupaten Konawe Selatan. Dengan rumusan masalah yaitu 1. Bagaimanakah penerapan metode learning start with a question pada siswa kelas V di SDN 6 Moramo Kab.Konawe Selatan ? 2. Apakah hasil belajar siswa kelas V pada pata pelajaran PAI mengalami peningkatan melalui penerapan metode learning start with a question di SDN 6 Moramo Kab.Konawe Selatan? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK pada siswa kelas V tahun ajaran 2016-2017yangbertempat di SDN 6 Moramo Kab. Konawe Selatan, dengan jumlah siswa 19 orang siswa dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran PAI, dengan prosuder penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi secara berulang selama 2 siklus ? Cara pengambilan data yaitu data hasil belajar diambil dengan cara memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan dan data pelaksanaan pembelajaran diperoleh dari hasil pengamatan kolaborasi selama pelaksanaan tindakan tiap siklus dengan menggunakan instrument observasi kegiatan guru dan siswa pada saat KBM. Dengan indikator kinerja setiap siswa ditetapkan bahwa jika 80% setiap siswa telah mencapai nilai 70, indikator kinerja kelompok adalah rata-rata 80% telah melaksanakan indikator yang telah diobservasi dalam lembar observasi kegiatan siswa selama proses kerja kelompok, dan indikator proses pembelajaran ditetakan jika kegiatan proses pembelajaran yang disajikan oleh guru mencapai kategori baik atau 80% telah melaksanakan langkah-langkah strategi learning stat with a question. Berdasarkan hasil penelitian bahwa melalui penerapan pembelajaran learning start with a question semester genap khususnya di kelas V SDN 6 Moramo Kabupaten Konawe Selatan, bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran learning start with aquestion pada mata pelajaran PAI. Hasil belajar siswa kelas V SDN 6 Moramo Kabupaten Konawe Selatan, mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini ditunjukan bahwa setelah tindakan siklus I meningkat dibandingkan dengan nilai tes awal yakni 47% menjadi 68% mengalami peningkatan sebesar 21% secara klasikal, namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya siklus II meningkat dibandingkan dengan siklus yaitu dari 68% menjadi 95%, hal ini mengalami peningkatan sebesar 26% dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80% siswa telah mendapat nilai minimal 70.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Abbas Tekkeng, MA
Uncontrolled Keywords: Learning start with a question, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 20 Dec 2017 06:23
Last Modified: 20 Dec 2017 06:23
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item View Item