STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBUDAYAKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DI SMA NEGERI 6 KENDARI KECAMATAN PUWATU KOTA KENDARI

ABDULOH FATTAH, NIM. 13010103024 (2017) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBUDAYAKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DI SMA NEGERI 6 KENDARI KECAMATAN PUWATU KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Abduloh Fattah NIM. 13 010103 024, “Strategi Kepala Sekolah Dalam Membudayakan Lingkungan Bersih di SMA Negeri 6 Kendari Kec. Puwatu Kota Kendari” Melalui Bimbingan Bapak Dr. Samrin, M.Pd.I Penelitian ini Bertujuan untuk mengungkapkan secara ilmiah “Strategi Kepala Sekolah Dalam Membudayakan Lingkungan Bersih di SMA Negeri 6 Kendari Kecamatan Puwatu Kota Kendari”. Pokok permasalahan dalam penelitian ini ialah Bagaimana strategi kepala sekolah dalam membudayakan lingkungan besih di SMA Negeri 6 Kendari kec.puwatu Kota Kendari, Apa yang menjadi kendala kepala sekolah dalam membudayakan lingkungan bersih di SMA Negeri 6 Kendari kec. Puwatu kota kendari. Adapun jenis penelitian inni adalah penelitian kualitatif yang mengungkapkan secara deskriptif tentang strategi kepala sekolah dalam membudayakan lingkungan bersih di SMA Negeri 6 Kendari Kec. Puwatu Kota Kendari. Dan akan dilihat bagaimana Strategi Kepala Sekolah dalam membudayaka lingkungan bersih tersebut. Sedangkan metode yang di gunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi kepala sekolah dalam membudayakan lingkungan bersih yakni ada empat hal, yang pertama yaitu kepala sekolah memberikan arahan, dan arahan ini tidak bosan-bosannya disampaikan baik pada saat upacara bendera maupun apel pagi. Dan strategi yang kedua yakni kepala sekolah melakukan pembiasaan, pembiasaan yang di lakukan oleh kepala sekolah yakni, pada setiap hari senin, kamis, dan sabtu kepala sekolah membuat program yang dinakan sekolah bersih, dan strategi yang ketiga yakni kepala sekolah memberikan sebuah sanksi, sangsi ini di berikan berupa denda, sanksi ini bukan hanya berlaku untuk siswa-siswi yang ada di sekolah saja namun berlaku untuk seluruh warga sekolah, Dan strategi yang terakhir yakni kepala sekolah memberikan ancaman, ancamam ini diberikan kepada seluruh warga sekolah dalam hal ini baik guru, siswa maupun staf yang berada di lingkungan sekolah.Dan keberhasilan suatu sekolah di tentukan oleh kepala sekolah selaku pemimpin, karena pemimpin merupakan kekuatan aspirasional, kekuatan ssemangat, yang mampu mempengaruhi bawahannya sehingga sejalan dengan keinginan pemimpin. Dalam membudayakan perilaku lingkungan bersih di SMA Negeri 6 Kendari tentunya kepala sekolah selaku pemimpin tidak akan bisa bekerja dengan sendirinya, melainkan harus bergotong-royong dalam membudayakan dan melestarikan lingkungan tersebut. Dan tentunya seluruh warga sekolah harus memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya budaya hidup bersih di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Samrin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepala Sekolah, Kepemimpinan Kepala sekolah DAN Lingkungan Bersih Di Sekolah
Subjects: Budaya Organisasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 21 Dec 2017 01:42
Last Modified: 21 Dec 2017 01:42
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/873

Actions (login required)

View Item View Item