MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TENTANG LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD PADA MIS DARUL ISTIQAMAH AMAMOTU KECAMATAN SAMTURU KAB.KOLAKA

MUHAMMAD RIDWAN, NIM:20100109284 (2011) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TENTANG LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD PADA MIS DARUL ISTIQAMAH AMAMOTU KECAMATAN SAMTURU KAB.KOLAKA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.doc

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (91kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (707kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA oke jd.doc

Download (73kB)
[img] Text
LAMPIRAN PTK.doc

Download (498kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD RIDWAN, NIM 20100109284,”Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Tentang Luas Bangun Datar Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD pada MIS Darul Istiqamah Amamotu” dibimbing oleh ( Dra.St.Rahmawati, M.Pd ) Untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan, mengasyikkan dan dapat meningkatkan hasil belajar, maka perlu adanya perubahan pembelajaran yang menarik yaitu menerapkan metode pembelajaran kooperatif model STAD. Rumusan masalah yang diajukan: (1) Bagaimanakah metode pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar matematika tentang luas bangun datar ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika tentang luas bangun datar setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD pada MIS Darul Istiqamah Amamotu tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian pada siklus I, aktifitas pembelajaran klasikal hanya mencapai 54,22%. Hal ini belum mencapai peningkatan proses pembelajaran yang diharapkan yaitu 60-70%. Namun pada proses pembelajaran kelompok telah mencapai 91,66% dengan target 70-80%, dan kuis mencapai 74,82% dengan target 70-80%. Sedangkan hasil belajar hanya mencapai 66,66% siswa mencapai nilai 60 - >60 dengan rerata nilai 65 sedangkan target yang ditentukan 100% tuntas mencapai nilai 60 - >60. . Pada Siklus II terjadi peningkatan proses pembelajaran klasikal menjadi 66,15% karena mulai ada 4 orang siswa bertanya dan 20 orang siswa mencatat, di mana pada siklus I tidak ada siswa yang bertanya dan mencatat. Proses Pembelajaran kelompok meningkat menjadi 92,85%. Dan Pembelajaran kuis meningkat menjadi 86,16%. Sedangkan hasil belajar mencapai rerata 72,3% dengan 76,92% siswa mencapai 60 - >60. Pada Siklus III selain ada peraga untuk setiap siswa, untuk dapat menemukan rumus luas bangun ruang berdasarkan rumus luas bangun datar yang telah dikuasai siswa, juga ditambah dengan pemberian tugas rumah berupa latihan-latihan. Hal ini disebabkan kompetensi yang harus dikuasai semakin sulit. Pada siklus III terjadi peningkatan proses pembelajaran klasikal yang cukup tinggi menjadi 84,61%. Hal ini disebabkan semakin banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan sebanyak 10 siswa dan mencatat sebanyak 26 siswa. Proses Pembelajaran kelompok meningkat menjadi 97,61%, dan proses kegiatan kuis meningkat menjadi 92,77%. Sedangkan hasil belajar mencapai rerata 79,61% dengan 100% siswa mencapai nilai 60 - >60. Dengan demikian semua target yang ditetapkan telah tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra.St.Rahmawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Pembelajaran Matematika, Pembelajaran Kooperatif, dan Model STAD
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 25 Jan 2018 01:46
Last Modified: 25 Jan 2018 01:46
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/981

Actions (login required)

View Item View Item