POLA PENDIDIKAN ANAK PADA KELUARGA KURANG MAMPU DI DESA RAMBU-RAMBU JAYA KECAMATAN RANOMEETO KABUPATEN KONAWE SELATAN

SUPRIYANTO, Nim. 09010101043 (2013) POLA PENDIDIKAN ANAK PADA KELUARGA KURANG MAMPU DI DESA RAMBU-RAMBU JAYA KECAMATAN RANOMEETO KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (68kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK SUPRIYANTO NIM : (09 01 01 01 043). Pola Pendidikan Anak pada Keluarga Kurang mampu di Desa Rambu-rambu jaya Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe selatan, melalui bimbingan Dr. Supriyanto, M.Ag dan Samrin, M.Pd.I Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan menunjukkan bahwa pembinaan anak dilingkungan keluarga kurang mampu di desa Rambu-rambu jaya cukup baik. Hal tersebut nampak dengan adanya taman pengajian Al Qur’an dilingkungannya, namun salah satu penyebab hal tersebut adalah bagaimana orang tua dalam mengasuh dan mendidik serta membina anak-anaknya yang dimulai dari lingkungan keluarga. Pola pendidikan anak yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah suatu proses, bentuk atau upaya mengarahkan segenap perhatian dan dukungan dalam membimbing anak agar anak dapat mempersiapkan dirinya dalam membentuk karakteristik yang baik bagi dirinya sebagaimana yang di cita-citakan oleh setiap keluarga dalam hidup berbangsa dan bernegara. Judul dari penelitian ini adalah Pola Pendidikan Anak pada Keluarga Kurang mampu di Desa Rambu-rambu Jaya Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe selatan. Dengan rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana bentuk pola pendidikan anak pada keluarga kurang mampu di Desa Rambu-rambu jaya Kecamatan Ranomeeto secara akademik dan secara praktek; (2) Bagaimanakah peran orang tua dalam mengasuh anaknya pada keluarga kurang mampu di Desa Rambu-rambu jaya kecamatan Ranomeeto Dalam penelitian ini, menggunakan observasi partisipatif, yaitu : peneliti terlibat dengan kegiatan sehari-hari pada kelompok masyarakat kurang mampu sambil melakukan pengamatan, peneliti ikut terlibat pada sumber data. Disamping menggunakan metode wawancara dan dan studi dokumen, analisis data selama dilapangan dilakukan dalam 3 (tiga) langkah : (1) Data reduction (reduksi data); (2) Data display (penyajian data); (3) Conclusion drawing/verivication (Kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bagaimana bentuk pola pendidikan anak pada keluarga kurang mampu yang ada di Desa Rambu-rambu jaya Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe selatan yang dapat dikelompokkan dalam beberapa hal seperti pendidikan agama, pendidikan moral/adat istiadat, pendidikan formal serta peran orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak pada keluarga kurang mampu di Desa Rambu-rambu jaya Kecamatan Ranomeeto cenderung bervariasi seperti otoriter dan otoritatif yang disesuaikan dengan kelompok umur anak tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Supriyanto, M.Ag dan Samrin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: pola pendidikan anak dan keluarga kurang mampu
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 29 Jan 2018 00:54
Last Modified: 29 Jan 2018 00:54
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/998

Actions (login required)

View Item View Item