PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMA NEGERI 4 KENDARI

LA ODE HASRUDIN, NIM : 14 01 01 01 041 (2018) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMA NEGERI 4 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK La Ode Hasrudin, Nim 14010101041, “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMA Negeri 4 Kendari (Dibimbing Oleh Dr. H. Zulkifli Musthan, M.Si,.M.Pd) Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4 Kendari, Dengan permasalahan bagaimana gaya belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Kendari?, Bagaimanakah prestasi siswa kelas XI pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam, dan apakah terdapat pengaruh gaya belajar terhadap prestasi siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Kendari?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1)Mengetahui gaya belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Kendari. 2)Mengetahui prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, 3)Mengetahui dan menguji pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam kelas XI di SMA Negeri 4 Kendari. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu pengolahan data berdasarkan kenyataan-kenyataan yang ditemui di lapangan secara obyektif, kuantitatif maksudnya yaitu pengolahan data yang didasari pada prinsip-prinsip statistik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kendari. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi (Pengamatan) dan quesioner (angket). Observasi yaitu teknik pengumpulan data dengan jalan mengadakan pengamatan secara langsung terhadap obyek penelitian yang berhubungan dengan variabel penelitian. Quesioner (angket) yaitu teknik pengumpulan data dengan cara memberikan daftar pernyataan kepada responden untuk diisi. Dan tehnik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis deskriptif adalah proses mengorganisir dan menganalisa data agar memberikan gambaran data secara ringkas dan teratur sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan. Analisis statistik inferensial adalah analisis statistik yang dilakukan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Analisis deskriptif variabel X yaitu gaya belajar (visual, auditorial dan kinestetik ) memiliki Mean = 77,31 dengan frekuensi tertinggi 20 dengan persentase 48,87% berada pada interval 61-80% menunjukan bahwa variabel gaya belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Kendari pada kategori tinggi. Gaya belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kendari adalah dominan gaya belajar auditorial dengan persentase tertinggi sebesar 39,02%. Sedangkan gaya belajar visual dan kinestetik masing-masing sebesar 29,26% dan 30,71% 2). Analisis deskriptif variabel Y (Prestasi Siswa Kelas XI) memiliki Mean = 90,97% dengan frekuensi tertinggi 41 dengan persentase 100% berada pada interval 81-100% menunjukan bahwa variabel Prestasi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4 Kendari termasuk dalam kategori sangat tinggi. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaitu berdasarkan uji fiser (uji-f) Fhitung = 4,31 ≥ Ftabel = 4,08 maka H0 ditolak H1 diterima Kata Kunci: Gaya Belajar, Prestasi Belajar PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Zulkifli Musthan, M.Si,.M.Pd)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Prestasi Belajar PAI
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 02 Oct 2018 00:52
Last Modified: 02 Oct 2018 00:52
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1358

Actions (login required)

View Item View Item