KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (PERILAKU KESUKARELAAN) DI SMK NEGERI I MOLAWE KABUPATEN KONAWE UTARA

La Ode Isman Riwangi, Nim. 14010103044 (2018) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (PERILAKU KESUKARELAAN) DI SMK NEGERI I MOLAWE KABUPATEN KONAWE UTARA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (576kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama Penyusun : La Ode Isman Riwangi, NIM : 14010103044. Judul Skripsi : “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Perilaku Organizational Citizenship Behavior (Prilaku Kesukarelaan) Di SMK Negeri I Molawe Kabupaten Konawe Utara”. Dibimbing Oleh Dr. H. Nur Alim, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana organizational citizenship behavior (perilaku kesukarelaan) guru di SMK Negeri I Molawe Kabupaten Konawe Utara, dan bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan perilaku organizational citizenship behavior di SMK Negeri I Molawe Kabupaten Konawe Utara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan teknik observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data, kemudian diolah dan dan dianalisis dengan menempuh langkah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan serta dilakukan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi tehnik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Sehingga berdasarkan metedeologi diatas dapat peneliti simpulkan bahwa organizational citizenship behavior (perilaku kesukarelaan) guru di SMK Negeri I Molawe Kabupaten Konawe Utara dapat dikatakan cukup rendah. Indikator rendahnya OCB terlihat dari kurangnya rasa saling membantu di antara sesama guru dalam menggantikan guru yang tidak masuk sekolah, kurangnya koordinasi antar sesama guru sehingga cenderung mengambil keputusan sendiri dalam tim, guru sering mengeluh ketika dihadapkan pada situasi yang kurang menguntungkan, para guru sering terlambat pada jam masuk kelas, dan selain itu juga para guru bersedia menghadiri kegiatan tidak wajib bila hanya ada perintah dari kepala sekolah karena dianggap tidak ada honornya. Kemudian upaya kepala sekolah di SMK Negeri I Molawe Kabupaten Konawe Utara dalam meningkatkan perilaku organizational citizenship behavior di sekolah sudah semaksimal mungkin melakukan upaya dalam meningkatkan perilaku OCB guru di sekolah, seperti melakukan komunikasi langsung kepada para guru dimana kepala sekolah disini memberikan motivasi kepada guru guna meningkatkan perilaku kesukarelaan dalam mengikuti kegiatan disekolah dan bekerja secara optimal disekolah, namum disamping itu masi terdapat kendalakendala yang di hadapi kepala sekolah salah satunya hambatan waktu, sulit mencari waktu yang sesuai karena terdapat beberapa guru yang tidak menghirukan kegiatankegiatan di sekolah, hambatan pekerjaan. Baik kepala sekolah maupun guru memiliki kesibukan masing-masing sehingga minimnya komunikasi yang dilakukan antara kepala sekolah dengan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Nur Alim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan organizational citizenship behavior (OCB)
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 08 Nov 2018 00:29
Last Modified: 08 Nov 2018 00:29
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1410

Actions (login required)

View Item View Item