SINERGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN ROHANI ISLAM (ROHIS) DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMA NEGERI 4 KENDARI

Zulfithriyah Purnasarjani, NIM: 15010101101., Z (2019) SINERGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN ROHANI ISLAM (ROHIS) DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMA NEGERI 4 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (973kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (849kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zulfithriyah Purnasarjani, NIM: 15010101101. Sinergi Guru PAI dan ROHIS Dalam Meningkatkan Perilaku Keagamaan Siswa Di SMA Negeri 4 Kendari. (Dibimbing oleh: Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag) Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi perilaku keagamaan siswa, strategi Guru PAI dan Rohis, dan sinergitas guru PAI dan Rohis. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka peneliti menggunakan metodologi penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan data dan informasi di lapangan, berdasarkan fakta yang diperoleh di lapangan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini bahwa kondisi perilaku keagamaan siswa di SMAN 4 Kendari dapat dikategorikan baik, hal ini dibuktikan dari perilaku siswa yang melaksanakan shalat dzuhur berjamaah, shalat dhuha ketika jam istirahat pertama, khusus ikhwan melaksanakan kewajiban shalat jumat, juga mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan yang diprogramkan Rohis, yang berawal dari ajakan kemudian menjadi kebiasaan, yang mana siswa-siswi tergerak hatinya untuk melaksanakan tanpa ajakan lagi. Strategi guru PAI dalam membina perilaku keagamaan siswa yakni, membina siswa dalam language skill atau keterampilan berbahasa, keterampilan tilawah, kemampuan menghafal Al-Qur’an, keterampilan seni nasyid yang dilaksanakan melalui event keagamaan; mengembangkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa yang dilaksanakan sebelum memulai pembelajaran mata pelajaran PAI; melakukan pengawasan langsung terhadap siswa dalam pelaksanaan kegiatan imtaq ruangan, dan imtaq lapangan; juga memberikan dukungan serta motivasi pada pengurus Rohis agar lebih intensif dalam melaksanakan program-program kerjanya. Sedangkan strategi Rohis dalam meningkatkan perilaku keagamaan siswa di SMAN 4 Kendari yaitu, menyajikan acara menarik atau atraktif dalam kegiatan Peski (Pesantren Kilat) dan kegiatan Gebyar Hijriyah; menyampaikan surat pemberitahuan kepada orang tua murid; membuat pamphlet atau brosur pelaksanan kegiatan; membuat akun Instagram Rohis sebagai media penyampaian dakwah; juga membuat absen untuk penilaian Agama dan laporan tahfizh untuk penghafalan surat-surat pendek dalam juz 30. Sedangkan sinergi Guru PAI dan Rohis dalam meningkatkan perilaku keagamaan siswa di SMAN 4 Kedari terdiri dari 2 bentuk: Pertama, sinkronisasi program pembelajaran Guru PAI dan program kerja Rohis, seperti Ta’lim dan Tahfizh dalam kegiatan Peski (Pesantren Kilat), dan kegiatan Gebyar Hijriyah Rohis yang dipadukan dengan materi-materi ajar Guru PAI di kelas. Kedua, konsultasi dalam arti bimbingan dan arahan serta mentoring Guru PAI terhadap Rohis dalam melakukan kegiatan mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan program kerja Rohis. Kata Kunci: Sinergi, Guru PAI, ROHIS, Perilaku Keagamaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ROHANI ISLAM (ROHIS),
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Fiqhi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 02 Jan 2020 08:00
Last Modified: 02 Jan 2020 08:00
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2256

Actions (login required)

View Item View Item