IMELDA HASDANIARSYAH 15010104090, I (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS V SDN 01 WAKORUMBA SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Imelda Hasdaniarsyah “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN 01 Wakorumba Selatan ” (Di bimbing oleh: La Hadisi, S. Ag, M.Pd. I.) Penelitian ini berjudul untuk membahas “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN 01 Wakorumba Selatan. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan Kemmis dan Mc. Taggart. Karakteristik yang khas dari Penelitian Tindakan Kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Wakorumba Selatan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan siswa kelas V SDN 01 Wakorumba Selatan. Nilai ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 63,64% dan siklus II mencapai 81,82% dengan nilai rata-rata pada siklus I 69,32 dan siklus II 81,82 dengan demikian peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I 63,64% dan siklus I ke siklus II 81,82%. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan, bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan siswa kelas V SDN 01 Wakorumba Selatan. Kata Kunci: STAD, hasil belajar, dan pecahan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STAD, hasil belajar, dan pecahan |
Uncontrolled Keywords: | STAD, hasil belajar, dan pecahan |
Subjects: | Manajemen Kinerja Guru Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 06 Aug 2020 06:49 |
Last Modified: | 06 Aug 2020 06:49 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2635 |
Actions (login required)
View Item |