PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SMP NEGERI 12 KONAWE SELATAN

Siti Fiyatus Sarifah NIM. 16010107006, S (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SMP NEGERI 12 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (610kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Fiyatus Sarifah NIM. 16010107006. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Praktikum Terhadap Hasil Belajar IPA Pada SMP Negeri 12 Konawe Selatan. Dibimbing Oleh: Abdul Kadir M. Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang salah satunya disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Sehingga penelitian melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan model pemebelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis praktikum. penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda serta lembar penilaian afektif dan psikomotorik. Populasi penelitian adalah kelas VII SMP Negeri 12 Konawe Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini adalah kelas VII D berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol, yang diperoleh melalui teknik Purposive Sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas VII SMP Negeri 12 Konawe Selatan, (2) Bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis praktikum dan model konvensional di kelas VII SMP Negeri 12 Konawe Selatan, (3) Apakah da perbedaan hasil belajar kongnitif, afektif dan psikomotorik siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis praktikum dan model konvensional dikelas VII SMP N egeri 12 Konawe Selatan. Aktifitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis praktikum pada kelas eksperimen yaitu lebih banyak siswa yang fokus saat guru menjelaskan dan siswa cenderung aktif saat proses pembelajaran. Sedangkan pada kelas kontrol dengan model konvensional siswa cenderung cepat bosan saat proses pembelajaran dan kurang aktif. Adapun hasil belajar kongnitif, afektif dan psikomotorik dengan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol artinya kedua kelas tersebut memiliki perbedaan setelah ada perlakuan. Uji hipotesis yang digunakan yaitu Uji-t hasil uji yang didapatkan adalah t hitung > t tabel maka H diterima, sehingga ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis praktikum dan model konvensional. Hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis praktikum lebih tinggi dibandingkan menggunakan model konvensional 1 Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Jigsaw berbasis praktikum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Jigsaw berbasis praktikum
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Jigsaw berbasis praktikum
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Ilmu Murni
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 07 Jan 2021 02:58
Last Modified: 07 Jan 2021 02:58
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2945

Actions (login required)

View Item View Item