STRATEGI BISNIS PENGELOLAAN MINYAK NILAM SEBAGAI UPAYAPENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI DESA PARIA KECAMATAN POLEANG TENGAH KABUPATEN BOMBANA

Ulfadianti Agusrianti, NIM 17050101098, U (2022) STRATEGI BISNIS PENGELOLAAN MINYAK NILAM SEBAGAI UPAYAPENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI DESA PARIA KECAMATAN POLEANG TENGAH KABUPATEN BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (525kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (234kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (221kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)

Abstract

ABSTRAK Ulfadianti Agusrianti, NIM 17050101098 “Strategi Bisnis Pengelolaan Minyak Nilam Sebagai UpayaPeningkatan Ekonomi MasyarakatDalam Perspektif Ekonomi Islam Di Desa Paria Kecamatan Poleang Tengah Kabupaten Bombana” di bawah bimbimngan oleh Dr. Muhammad Hadi M.HI sebagai pembimbing I dan Nurjannah S. Kom, M.Pd sebagai pembimbing II. Permasalahan padaDesa paria kecamatan poleang tengah kabupaten bombana.Srategi yang digunakan dalam menjalankan bisnis pengelolaan minyak nilam kurang baik dan harga minyak nilam di Desa Paria mengalami Fluktuasi(naik turun) harga dan tanaman nilam petani sering mengalami kerusakan.Namun, secara keseluruhan dari sisi produksi petani itu sendiri telah mengalami perkembangan, terlepas dari kendala harga penjualan yang sering dialami bahkan dikeluhkan dan bagaimana proses yang terjadi selama melaksanakan produksi minyak nilam yang selalu berusaha menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan usaha yang benar terutama prinsip-prinsip ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi bisnis pengelolaan minyak nilam sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat, (2) strategi bisnis pengelolaan minyak nilam dalam perspektif ekonomi islam di Desa Paria Kecamatan Poleang Tengah Kabupaten Bombana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan secara sengaja (purposive) dengan informan berjumlah 15 orang, tempat dan peristiwa serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap penelitian, tahap analisis data dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bisnis pengelolaan minyak nilam sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat yang dilihat ketika harga minyak nilam mengalami penurunan drastis maka minyak nilam akan ditampun sampai harga minyak nilam mengalami kenaikan tetapi ketika modal sudah mulai kurang maka minyak nilam akan dipasarkan agar bisa menambah modal. Strategi bisnis Pengelolaan minyak nilam di Desa Paria Kecamatan Poleang Tengah dalam ekonomi Islam yang mengarahkan pada proses penciptaan, penawaran dan perubahan dari suatu inisiator kepada stekholdernya dalam keseluruhan proses yang sesuai dengan akad-akad dan prinsippsrinsip muamalah dalam islam. Dalam hal tersebut dapat dijamin bahwa dalam prinsip-prinsip islam yang di lakukan dalam strategi bisnis maka bentuk-bentuk transaksi apapun dalam bisnis di bolehkan jika hal itu sesuai dengan syariat Islam. Strategi bisnis minyak nilam islam yaitu (1) Pemasaran, (2) produksi, (3) Harga, (4) Promosi, (5) Distribusi. Kata kunci:Strategi, bisnis, pengelolaan minyak nilam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Strategi, bisnis, pengelolaan minyak nilam.
Uncontrolled Keywords: Strategi, bisnis, pengelolaan minyak nilam.
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 11 Aug 2022 02:28
Last Modified: 11 Aug 2022 02:28
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3726

Actions (login required)

View Item View Item