PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA SIMULASI PHET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 09 BOMBANA

Ekky Abdi Syarif. 18010109009., E (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA SIMULASI PHET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 09 BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (766kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (738kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (745kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Ekky Abdi Syarif. 18010109009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Simulasi PhET Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik SMAN 09 Bombana. Dibimbing Oleh: Zainuddin, S.Pd., M.Pd. dan Halmuniati, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET yang valid, efektif, dan praktis untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah pada materi gaya gravitasi, (2) Mengetahui besar peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET pada materi Gaya Gravitasi.Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahaptahap dalam penelitian ini diadaptasi dari hasil modifikasi penelitian dari Molenda dalam Prawidilaga(2012: 21), sehingga yang awalnya ADDIE terdiri dari 5 tahap kini menjadi 3 tahap yakni: 1) Analysis, 2) Design (perancangan) dan 3) Development (pengembangan). Perangkat Pembelajaran yang dikembangkan, diukur kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya untuk mengetahui kelayakannya. Soal yang dipakai adalah soal uraian dan terdapat perbedaan penggunaan nilainya pada keefektifan dan peningkatan pemahaman konsep. Untuk tingkat keefektifan dilihat dari nilai N-gain score persen (%), sedangkan besar atau kecilnya pemahaman konsep dilihat dari nilai N-gain score.Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Tingkat Kevalidan diperoleh dari hasil penilain; a)validator, yaitu kevalidan LKPD sebesar 69,1 (sangat baik), kevalidan RPP sebesar 91,5 (sangat baik), kevalidan instrumen soal sebesar 0,77 (sangat tinggi); b) Peserta Didik, yaitu kevalidan soal uraian dinyatakan valid semua berdasarkan analisis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pengembangan, perangkat pembelajaran, LKPD, PhET, inkuiri terbimbing, pemahaman konsep
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, perangkat pembelajaran, LKPD, PhET, inkuiri terbimbing, pemahaman konsep
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Fisika
Depositing User: Mamta Culkari P
Date Deposited: 14 Feb 2023 06:39
Last Modified: 14 Feb 2023 06:39
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4223

Actions (login required)

View Item View Item