Ekky Abdi Syarif. 18010109009., E (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA SIMULASI PHET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 09 BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (766kB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (963kB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (738kB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (745kB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Ekky Abdi Syarif. 18010109009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Simulasi PhET Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik SMAN 09 Bombana. Dibimbing Oleh: Zainuddin, S.Pd., M.Pd. dan Halmuniati, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET yang valid, efektif, dan praktis untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah pada materi gaya gravitasi, (2) Mengetahui besar peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET pada materi Gaya Gravitasi.Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahaptahap dalam penelitian ini diadaptasi dari hasil modifikasi penelitian dari Molenda dalam Prawidilaga(2012: 21), sehingga yang awalnya ADDIE terdiri dari 5 tahap kini menjadi 3 tahap yakni: 1) Analysis, 2) Design (perancangan) dan 3) Development (pengembangan). Perangkat Pembelajaran yang dikembangkan, diukur kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya untuk mengetahui kelayakannya. Soal yang dipakai adalah soal uraian dan terdapat perbedaan penggunaan nilainya pada keefektifan dan peningkatan pemahaman konsep. Untuk tingkat keefektifan dilihat dari nilai N-gain score persen (%), sedangkan besar atau kecilnya pemahaman konsep dilihat dari nilai N-gain score.Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Tingkat Kevalidan diperoleh dari hasil penilain; a)validator, yaitu kevalidan LKPD sebesar 69,1 (sangat baik), kevalidan RPP sebesar 91,5 (sangat baik), kevalidan instrumen soal sebesar 0,77 (sangat tinggi); b) Peserta Didik, yaitu kevalidan soal uraian dinyatakan valid semua berdasarkan analisis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pengembangan, perangkat pembelajaran, LKPD, PhET, inkuiri terbimbing, pemahaman konsep |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, perangkat pembelajaran, LKPD, PhET, inkuiri terbimbing, pemahaman konsep |
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mamta Culkari P |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 06:39 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 06:39 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4223 |
Actions (login required)
View Item |