IMPLEMENTASI POLA ASUH PADA PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK RAUDHATUL ATHFAL NURUL FALAH DESA PATUNO KECAMATAN WANGI-WANGI KABUPATEN WAKATOBI

DEWI, NIM: 17010105037., D (2023) IMPLEMENTASI POLA ASUH PADA PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK RAUDHATUL ATHFAL NURUL FALAH DESA PATUNO KECAMATAN WANGI-WANGI KABUPATEN WAKATOBI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK DEWI, NIM: 17010105037. Implementasi Pola Asuh Pada Perkembangan Sosial Emosional Anak Raudhatul Athfal Nurul Falah Desa Patuno Kecamatan WangiWangi Kabupaten Wakatobi (Dibimbing oleh : Dr. Hj. Hadi Machmud M.Pd) Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui bentuk implementasi pola asuh pada perkembangan sosial emosional anak RANurul Falah Desa Patuno Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi (2) untuk mengetahui bagaimana aspek perkembangan sosial emosional anak RANurul Falah Desa Patuno Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi (3) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi implementasi sosial emosional anak RANurul Falah Desa Patuno Kecamatan WangiWangi Kabupaten Wakatobi Penelitian ini dilaksanakan melalui metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di RA Nurul Falah Desa Patuno Kecamatan WangiWangi Kabupaten Wakatobi. Data dalam penelitian ini diambil menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumtasi responden dalam penelitian ini berjumlah 8 orang tua dan 2 guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa.: (1) pola asuh orang tua yang ditinjau dari indikator pola asuh meliputi berbagai aspek sebagai berikut: (a) pola asuh demokratis di antaranya: adanya kebebasan dan tanggung jawab sebanyak 3 orang tua. (b) pola asuh permisif di antaranya: pendekatan yang digunakan mengedepankan kemauan anak sebanyak 2 orang tua (c) pola asuh otoriter di antaranya: orang tua cenderung menguasai anak. Sebanyak 3 orang tua, (2) bentuk sosial emosional anak (a) kemampuan anak dalam mengembangkan konsep diri. (b) kemampuan anak dalam mengenal harga diri. (c) kemampuan anak dalam berempati (d) kemampuan anak dalam mengelola emosi (e) kemampuan anak dalam bersosialisasi (3) faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua yang ditinjau yaitu a). pola asuh yang bersumber dari lingkungan tempat tinggal. b). pola asuh yang bersumber dari jenis pekerjaan orang tua. Dengan demikian sesuai dengan hasil lembar observasi sebanyak 3 anak yang berkembang sangat baik(BSB) dari perkembangan sosial emosional anak dan dari hasil wawancara orang tua lebih cenderung menerapkan pola asuh demokratis, sebanyak 2 anak pada penilaian berkembang sesuai harapan (BSH) dalam perkembangan perilaku sosial emosional anak orang tua menerapkan pola asuh permisif pada 1 anak dan 1 anak pada dengan pola asuh otoriter. Sebanyak 2 anak yang masi pada tahap mulai berkembang (MB) dalam perkembangan sosial emosional anak, orang tua menerapkan pola asuh permisif dan sebanyak 1 anak yang masi dalam tahap belum berkembang (BB) orang tua menerapkan pola asuh demokratis. Dengan demikian pada penilaian ini perkembangan sosial emosional anak RA Nurul Falah yaitu cenderung menerapkan pola asuh demokratis. Kata Kunci: Pola Asuh, Sosial Emosional, Pola Orang Tua, Anak. ABSTRAK DEWI, NIM: 17010105037. Imlementation Of Parenting Patterns In The Social Emotional Development Children Raudhatul Athfal Nurul Falah Of Patuno Village Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi (Supervised by : Dr. Hj. Hadi Machmud M.Pd) This study aims to determine the form of Parenting Parenting Implementation in the Social-Emotional Development of Raudhatul Athfal Nurul Falah's Children, Patuno Village, to find out aspects of the Social-Emotional Development of Raudhatul Athfal Nurul Falah's Children in Patuno Village, and to know the Effect of Social-Emotional Development of Raudhatul Athfal Nurul Falah's Children in Patuno Village. . Parenting is a way of educating that affects both directly and indirectly, the socioemotional development of early childhood is a learning process in children about interacting with people around them in accordance with social rules and children are better able to control their feelings in accordance with their abilities. carried out through a qualitative descriptive method which was carried out in Patuno Village, Wangi-Wangi District, Wakatobi Regency. Data on the implementation of parenting patterns on children's social development were obtained from the results of parent interviews. The results of the study show: (1) parenting styles from the perspective of parenting indicators include the following aspects: (a) democratic parenting including: freedom and responsibility. (b) permissive parenting including: the approach used to prioritize the child's will (c) authoritarian parenting including: parents tend to dominate the child. (2) the child's social emotional form (a) the child's ability to get along with the surrounding environment. (b) the ability of parents to control children's emotions. (3) the factors that influence the parenting style reviewed are a). parenting style that comes from the neighborhood. b). parenting style that comes from the type of work of parents. Thus the parenting pattern used in the implementation of Raudhatul Athfal Nurul Falah's parenting is a democratic parenting pattern which is characterized by 4 parents applying democratic parenting, 3 parents applying authoritarian parenting and 3 permissive parenting. Keywords: Parenting Patterns

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pola Asuh, Sosial Emosional, Pola Orang Tua, Anak.
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Sosial Emosional, Pola Orang Tua, Anak.
Subjects: Bimbingan Dan Penyuluhan
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mamta Culkari P
Date Deposited: 20 Feb 2023 01:53
Last Modified: 20 Feb 2023 01:53
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4269

Actions (login required)

View Item View Item