PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DI SMA NEGERI 1 TONGAUNA

Irena Afriella Joeslin, NIM. 15010101018,, I (2023) PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DI SMA NEGERI 1 TONGAUNA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (868kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (718kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (542kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (523kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Irena Afriella Joeslin, NIM. 15010101018, Persepsi Siswa tentang Penerapan Pembelajaran Berbasis Daring di SMA Negeri 1 Tongauna, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melalui bimbingan Dr. H. Moh.Yahya, Obaid, M.Ag Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pembelajaran daring; (2) persepsi siswa tentang penerapan pembelajaran berbasis daring; (3) kendala dalam penerapan pembelajaran berbasis daring; (4) solusi mengatasi kendala dalam penerapan pembelajaran berbasis daring di SMA Negeri 1 Tongauna. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tongauna. Sumber Data penelitian ini terdari dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan pengecekkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian Menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran berbasis daring di SMA Negeri 1 Tongauna dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dengan memanfaatkan bantuan aplikasi WhatsApp dan Messenger; (2) pada umumnya siswa di SMA Negeri 1 Tongauna memiliki persepsi positif dan negatif terkait penerapan pembelajaran berbasis daring. (3) Kendala yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran daring, antara lain: kurangnya penguasaan teknologi informasi, keterbatasan sumber daya pendukung dalam pemanfaatan teknologi seperti handphone, kualitas jaringan dan paket data, perbedaan karakteristik siswa dalam mengikuti pembelajaran daring dan kendala lainnya dalam mengembangkan kemampuan siswa. (4) solusi dalam mengatasi kendala dalam pembelajaran di SMA Negeri 1 Tongauna yakni dengan meningkatkan kompetensi penguasaan teknologi informasi melalui kegiatan workshop, menfaatkan berbagai sumber belajar seperti youtube, memberikan penugasan secara daring maupun manual, dll.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mamta Culkari P
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:05
Last Modified: 27 Feb 2023 08:05
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4398

Actions (login required)

View Item View Item