MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS IVa DI MIN I KENDARI

SULASTRIAWATI, NIM : 14010104023 (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS IVa DI MIN I KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sulastriawati, NIM. 14010104023 “Meningkatkan Keterampilan Membaca Al- Qur’an melalui Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas IVa di MIN I Kendari” dibimbing oleh Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA xii Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca Al- Qur’an melalui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping siswa kelas IVa MIN I Kendari. Masalah dalam penelitian ini dibatasi pada bagaimana penerapan metode pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas IVa di MIN I Kendari dan bagaimana keterampilan membaca Al-Qur’an siswa kelas IVa di MIN I Kendari dapat ditingkatkan melalui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan keterampilan membaca Al-Qur’an siswa yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVa pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dan peningkatan keterampilan membaca Al-Qur’an siswa. Hal ini dapat dilihat pada persentase setiap siklus. Hasil observasi aktvitas guru pada siklus I pertemuan pertama sebesar 63,75% sedangkan pada pertemuan kedua mencapai 73,75%. Siklus II pertemuan pertama 88,75% dan pertemuan kedua mencapai 95%. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I pertemuan pertama mecapai 60% sedangkan pada pertemuan kedua mencapai 75%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus II pertemuan pertama mencapai 86,25% sedangkan pada pertemuan kedua mencapai 93,75%. Keterampilan membaca Al-Qur’an siswa sebelum tindakan mencapai 59,25% dengan nilai rata-rata 71,33. Persentase keterampilan membaca Al-Qur’an sisiwa pada siklus I mencapai 74,07% dengan rata-rata sebesar 85,67. Sedangkan pada siklus II peningkatan persentase ketuntasan keterampilan membaca siswa meningkat secara signifikan yaitu dengan persentase 81,48% sedangkan nilai rataratanya sebesar 86,14. Adapun persentase peningkatan pra siklus ke siklus I adalah sebesar 25,01% sedangkan persentase peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 9,54% dan persentase peningkatan dari pra siklus ke siklus II adalah sebesar 36,94%. Kata Kunci: Keterampilan Membaca Al-Qur’an; Mind Mapping; Al-Qur’an Hadis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca Al-Qur’an; Mind Mapping; Al-Qur’an Hadis
Subjects: Al-Qur'an dan Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 24 Jan 2019 01:54
Last Modified: 24 Jan 2019 01:54
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1556

Actions (login required)

View Item View Item