MENINGKAT HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI MERKET PLACE ACTIVITY DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA SMA NEGERI 1 TONGAUNA KABUPATEN KONAWE

Ernawati, Nim 15010101013,, E (2019) MENINGKAT HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI MERKET PLACE ACTIVITY DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA SMA NEGERI 1 TONGAUNA KABUPATEN KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ernawati, Nim 15010101013, Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Strategi Market Place Activity dengan Menggunakan Media Visual pada SMA Negeri 1 Tongauna Kabupaten Konawe, program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melalui bimbingan Raehang, S.Ag., M.Pdi Rumusan masalah pada penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan strategi market place activity dengan menggunakan media visual dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas XI MIPA 1 Tongauna; (2) Apakah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui strategi market place activity dengan menggunakan media visual pada siswa SMAN 1 Tongauna. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah; (1) untuk mendeskripsikan penerapan strategi market place activity dengan menggunakan media visual pada siswa SMAN 1 Tongauna Kabupaten Konawe; (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui strategi market place activity dengan menggunakan media visual pada siswa SMAN 1 Tongauna Kabupaten konawe. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tongauna. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung pencapaian ketuntasan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa; (1) penerapan strategi market place activity telah berlangsung dengan baik dan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Aktivitas guru pada sikslus I diperoleh 88% dan meningkat 100% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 88% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II.: (2) Penggunaan Strategi Market Place Activity dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMA Negeri 1 Tongauna. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar yang diperoleh siswa pada pra siklus sebesar 40,91% dengan nilai rata-rata 73,36. Setelah dilaksanakan tindakan siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 77,27% dengan nilai rata-rata adalah 79,73. Kemudian dilanjutkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 90,91% dengan nilai rata-rata 81,95. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 66,97%, sedangkan dari siklus I ke siklus II sebesar 12,50% dan peningkatan kemampuan siswa dari pra siklus sampai dengan siklus II sebesar 84,62%. Kata kunci : Hasil Belajar PAI melalui Strategi Market Place Activity dengan Menggunakan Media Visual. iv

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hasil Belajar, Strategi Market Place Activity, Media VisualFTIK, IAIN KENDARI
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:59
Last Modified: 11 Mar 2020 01:59
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2326

Actions (login required)

View Item View Item