SITTI HADIJA, NIM. KL.14010101027 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS IV SD NEGERI 1 KOLONO KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
00.COVER SKRIPSI.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (381kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sitti Hadija Nim. 14010101027. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered head together dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas IV SD Negeri 1 Kolono Kabupaten Konawe Selatan”. Melalui bimbingan Abbas Tekeng, S.Ag. MA. Pendekatan pembelajaran konvensional yang lebih terpusat pada guru dinilai kurang efektif dalam mengantarkan siswa mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Disamping itu, penyajian materi yang monoton dengan metode ceramah cenderung menciptakan kesenjangan prestasi diantara siswa. Karena itu, dibutuhkan metode pembelajaran inovatif yang lebih terpusat pada siswa dan menekankan aspek kerjasama antar siswa. Model pembelajaran kooperatif merupakan alternatif metode yang tepat dalam hal ini. Karena itulah, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan mengemukakan topik “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Kelas IV SD Negeri 1 Kolono”. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas IV SD Negeri 1 Kolono. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kolono. Prosedur penelitian ini dilaksanakan secara berdaur dan terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara PAI di Kelas IV SD Negeri 1 Kolono Kabupaten Konawe Selatan. Hal itu berdasarkan atas hasil evaluasi pra tindakan yang menunjukkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas sebesar 69.85 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 65%. Setelah tindakan siklus I dilakukan, maka hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 72,90 dan persentase ketuntasan sebesar 70%. Selanjutnya, hasil evaluasi siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76,50 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 95%. Dengan pencapaian tersebut, indikator kinerja penelitian dapat dicapai sehingga hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa “penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas IV SD Negeri 1 Kolono” dapat dibuktikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Abbas Tekeng, S.Ag. MA. |
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, NUMBERED HEAD TOGETHER, HASIL BELAJAR SISWA, MATA PELAJARAN PAI |
Subjects: | Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 28 Sep 2017 01:13 |
Last Modified: | 28 Sep 2017 01:13 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/273 |
Actions (login required)
View Item |