IMPLIKASI PENGALAMAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT SISWA SMP NEGERI 30 KONAWE SELATAN

Watini. NIM. 16010110005., W (2020) IMPLIKASI PENGALAMAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT SISWA SMP NEGERI 30 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
sampul skripsi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (735kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Watini. NIM. 16010110005. “Implikasi Pengalaman Etnomatematika Terhadap Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Siswa SMP Negeri 30 Konawe Selatan”. Dibimbing oleh: Tandri Patih, S.Pd., M.Si. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui implikasi pengalaman etnomatematika terhadap pemahaman konsep bilangan bulat siswa SMP Negeri 30 Konawe Selatan di Desa Wonua, Kecamatan Konda, Kab. Konawe Selatan. Objek penelitiannya adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 3 kelas (VII A, VII B dan VII C) dengan jumlah populasi keseluruhan sebanyak 63 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 54 siswa SMP Negeri 30 Konawe Selatan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, pemberian angket dan soal essay. Data lalu dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik variabel. Sedangkan analisis inferensial menggunakan uji Kruskal Wallis untuk menguji perbedaan pemahaman konsep bilangan bulat berdasarkan tingkat pengalaman etnomatematika siswa yang baik, cukup baik maupun tidak baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata pemahaman konsep bilangan bulat berdasarkan tingkat pengalaman etnomatematika siswa yang baik, cukup baik dan tidak baik berturut-turut sebesar 33,93; 37,59 dan 41,07. Berdasarkan uji Kruskal Wallis, menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,813 >

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pengalaman Etnomatematika, Pemahaman Konsep Bilangan Bulat.
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Etnomatematika, Pemahaman Konsep Bilangan Bulat.
Subjects: Ilmu Terapan
Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 02 Nov 2020 01:05
Last Modified: 18 Feb 2021 01:25
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2770

Actions (login required)

View Item View Item