PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 LAEYA KABUPATEN KONAWE SELATAN

SITTI NURSIAH, NIM : 14010101007 (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 LAEYA KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
halaman judul_.docx

Download (160kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (899kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (30MB)

Abstract

ABSTRAK SittiNursiah. Nim 14010101007. PeningkatanPrestasiBelajarPendidikan Agama Islam (PAI) MelaluiPenerapan Model Pembelajaran Listening Team PadaSiswaKelas V SD Negeri 02 LaeyaKabupatenKonawe Selatan. dibimbingolehDra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA Permasalahanutamapadapesertadidik yang dialamikelas V SDN 02 Laeyayaitu model pembelajaran yang digunakan guru dalamkegiatanbelajarmengajar PAI masihkonvensionaldanmengakibatkansiswakeluarmasuksaat PBM, kurangnyamotivasimenulis, dan lain sebagainya. sehinggaaktivitasdanprestasipesertadidikmasihrendah. Olehkarenaitu, diperlukan model pembelajaran yang lebihmenarik, salahsatudiantaranyaadalahdengan model Listening Team. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiupayameningkatkanprestasibelajar PAI melalui model Listening Team padakelas V SDN 02 Laeya Penelitianinimenggunakanstuditindakan (Action Research) padapesertadidikkelas V SDN 02 Laeyadenganduasiklus.Model pengumpulandatanyamenggunakantes, observasidandokumentasi.Data yang terkumpuldianalisismenggunakananalisis statistic deskriptif. Prestasibelajarpesertadidikjugadapatditingkatkandenganmenerapkan model Listening Team. Dengan model ini guru mudahmerangsangkeaktivanpesertadidikmelaluikerjasamaantarkelompok. Guru jugamudahmemantauprestasipesertadidiksehinggatingkatkesukarandanpermasalahan yang dihadapiolehpesertadidikdapatdiketahuidandicarikansolusinyaoleh guru.Peningkatanprestasibelajarpesertadidikinidapatterlihatdariprasiklus, siklus I dansiklus II, secaraberturut-turutsebesar: 50%, 60 % dan 85 %. Denganbegitu target yang ingindicapaitelahterpenuhi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapan model Listening Teampadapembelajaran PAI mempermudahbagi guru dalammencapaitujuanbelajar yang diinginkandanmengoptimalkan / menuntaskanprestasipesertadidik.Hal initerlihatdaripresentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalpadatahapprasiklussebesar 50% padasiklus I sebesar 60%, danpadasiklus II ketuntasanbelajarpesertadidikmencapai 85%.Hal iniberarti, target yang ditetapkanpenelitiyaitustandarketuntasanprestasipesertadidiksecaraklasikalsudahtercapai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hj. St. Fatimah Kadir, MA
Uncontrolled Keywords: PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 29 Sep 2017 06:39
Last Modified: 29 Sep 2017 06:39
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

View Item View Item