PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19 (Survei di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kendari)

HELENA PERTIWI. NIM. 18010101093, H (2023) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19 (Survei di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kendari). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK HELENA PERTIWI. NIM. 18010101093 “Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19 (Survei di SMP Negeri 1 Kendari)”. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kendari (IAIN) Kendari Melalui Bimbingan Bapak Dr. H. Nur Alim M.Pd dan Bapak Aliwar S.Ag, M.Pd Penelitian ini membahas mengenai Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19 (Survei di SMP Negeri 1 Kendari). Pembelajaran daring adalah pembelajaran dalam jaringan yang mengaharuskan peserta didik dan guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan media teknologi berbasis aplikasi. Hasil penelitan dianalisis dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan pembelajaran PAI daring dengan menggali data dan informasi pada guru, siswa, dan orang tua siswa. Hasil penelitan menunjukkan SMPN 1 Kendari pada proses pembelajaran menggunakan Kurikulum darurat dimana kurikulum tersebut mengharuskan pembelajaran di adakan dengan menggunakan pembelajaran daring seperti menggunakan media whatsapp dan Google Clasaroom, Guru melakukan kegiatan Visit Home (berkunjung kerumah), Guru membuat posko tugas untuk kelancaran proses pembelajaran. Selain itu kendala yang dialami dalam pembelajaran daring yaitu kendala internal berupa kurang bersemangatnya peserta didik untuk mengikuti pembelajaran karna tidak terjalinnya sosialisasi secara langsung, faktor eksternalnya berupa kurangnya kuota internet sehingga berdampak pada kualitas pembelajaran daring. Kerjasama juga terjalin antara orang tua dan Guru. Bentuk dari kegiatan tersebut berupa Orang tua selalu memantau proses pembelajaran anaknya, Orang tua melakukan komunikasi intens dengan guru Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembelajaran Daring, Covid-19
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Covid-19
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:42
Last Modified: 11 Jan 2023 02:42
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4107

Actions (login required)

View Item View Item