PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMAN 1 TOMIA KABUPATEN WAKATOBI

LUSIANI SILUDIN, Nim. 09 010103 038 (2013) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMAN 1 TOMIA KABUPATEN WAKATOBI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (125kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (57kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK1.docx

Download (16kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK Lusiani Siluddin, 09010103038. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMAN 1 Tomia Kabupaten Wakatobi. Melalui bimbingan Dr. H. Nur Alim, M.Pd. dan Raehang, S.Ag., M.Pd.I Kepala sekolah memiliki peran yang strategis dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru. Seberapa jauh kepala sekolah dapat mengoptimalkan segenap peran yang diembannya, secara langsung maupun tidak langsung dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan profesionalisme guru. Melalui penelitian ini, penulis ingin mengungkapkan ”Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMAN 1 Tomia Kabupaten Wakatobi” Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran kepemimpinan Kepala Sekolah SMAN 1 Tomia, Bagaimana upaya-upaya yang dilakukan dalam pengembangan profesionalisme guru di SMAN 1 Tomia, Bagaimana peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru di SMAN 1 Tomia Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahapan analisis yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui tekhnik trianggulasi yaitu trianggulasi tekhnik, trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan Kepala Sekolah SMAN 1 Tomia cenderung pada model kepemimpinan demokratis aspiratif. Hal tersebut antara lain dapat dilihat dari sikap kepala sekolah yang terbuka dan akomodatif dalam menerima segala aspirasi bawahannya. Upaya pengembangan profesionalisme guru di SMAN 1 Tomia dilaksanakan melalui kegiatan supervisi pendidikan, program sertifikasi guru, melalui program tugas belajar/izin belajar, mengikutsertakan guru dalam kegiatan gugus sekolah seperti MGMP, dan pengembangan profesionalisme guru melalui pelatihan, workshop, dll. Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di SMAN 1 Tomia dilaksanakan melalui peran-peran sebagai berikut: (1) berperan sebagai pendidik (edukator), (2) berperan sebagai manajer, (3) berperan subagai supervisor, dan (4) berperan sebagai leader.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Nur Alim, M.Pd. dan Raehang, S.Ag., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Kepemimpinan dan Profesionalisme Guru
Subjects: Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 05 Feb 2018 03:07
Last Modified: 05 Feb 2018 03:07
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1032

Actions (login required)

View Item View Item