MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE EVERY ONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS XII IPA1 DI SMA NEGERI 1 SAMPARA KECAMATAN SAMPARA KABUPATEN KONAWE

ASMIRAN. K, NIM. 09010101034 (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE EVERY ONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS XII IPA1 DI SMA NEGERI 1 SAMPARA KECAMATAN SAMPARA KABUPATEN KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (221kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (65kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (90kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK ASMIRAN.K.“MeningkatkanHasilBerlajarPendidikan Agama Islam MelaluiMetodeEvery One Is A Teacher Here padaSiswaKelas XII IPA1 di SMA NegeriSamparaKecamatanSamaparaKabuptenKonawe”(dibimbing oleh Dra. MarlinaGazali, M.Pd.IdanDrs. Abdul Kadir. P, M.Pd) Salah satu aspek penting yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa di sekolah adalah berkaitan dengan proses pengelolaan pembelajaran oleh guru. Untuk itu, guru harus senantiasa mampu memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang tepat agar dapat mengantarkan siswa dalam iklim belajar yang sehat dan menyenangkan, serta dapat memotivasi siswa untuk belajar sehingga hasil belajarnya dapat lebih baik. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat ditempuh adalah metode pembelajaran every one is a teacher here. Dalam pembelajaran ini, siswa dikondisikan dalam suasana belajar yang diwarnai dengan kerjasama dan saling membantu untuk mencapai ketuntasan belajar. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakahpenerapanmetodeevery one is a teacher heredapatmeningkatkanhasilbelajarPAI padasiswakelas XII IPA1 di SMA Negeri 1 SamparaKabupatenKonawe. AdapuntujuanpenelitianpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarPAI padasiswakelas XII IPA1 di SMA Negeri 1 SamparaKabupatenKonawe. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK).Tindakanpenelitiandilaksanakandalamduasikluspembelajaran.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumentes, danlembarobservasi. Sedangkanuntkanalisisdatanyadilakukansecaradeskriptifdanpeningkatanhasilbelajardianalisdenganmenghitung rata-rata danpersentaseketuntasanbelajarsiswa. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmetodepembelajaranevery one is a teacher heredapatmeningkatkanhasilbelajarPAI padasiswakelas XII IPA1 di SMA Negeri 1 SamparaKabupatenKonawe. Hal tersebutdapatdilihatdaripeningkatanhasilbelajarsiswa, dimana rata-rata perolehansiswaprapenelitiansebesar 69,57denganketuntasanbelajar63,33%, kemudiansetelahpenerapantindakansiklus I nilai rata-rata kelasmeningkatmenjadi 75,60 denganketuntasanbelajarmencapai76,67%. Selanjutnya, pelaksanaantindakansiklus II menunjukkanadanyapeningkatan yang lebihsignifikandarisiklussebelumnyadengannilai rata-rata menjadi 78,80denganketuntasanbelajarmencapai 86,67%. Dengandemikian, makaindikatorketuntasanbelajar yang ditetapkansudahtercapai (85%).Sedangkanbilanilaitersebutdibandingkandenganperolehansiswaprapenelitianmakapenin

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. MarlinaGazali, M.Pd.IdanDrs. Abdul Kadir. P, M.Pd)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, dan Every One Is A Teacher Here
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 07 Feb 2018 00:47
Last Modified: 07 Feb 2018 00:47
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1052

Actions (login required)

View Item View Item