PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PICTURE TO PICTURE SISWA KELAS IV SDN RAPAMBINOPAKA KECAMATAN LALONGGASUMEETO KABUPATEN KONAWE

IMRAN, NIM. 2010010700807 (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PICTURE TO PICTURE SISWA KELAS IV SDN RAPAMBINOPAKA KECAMATAN LALONGGASUMEETO KABUPATEN KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Imran. NIM. 2010010700807Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Picture To Picture Siswa Kelas IV SDN Rapambinopaka Kecamatan Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe di bimbing oleh Drs. Abdul Kadir, M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah penggunaan metode Picture to Picture dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IV SDN Rapambinopaka Kecamatan Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe?”. Hipotesis penelitian ini adalah: bahwa dengan metode Picture to Picture dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IV SDN Rapambinopaka Kecamatan Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui metode picture to picture pada siswa kelas IV SDN Rapambinopaka Kecamatan Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari empat tahapan yaitu: (1). Merencanakan, (2) melaksanakan, (3) mengamati (4) evaluasi/analisis dan (5) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2011 semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 di SDN Rapambinoka Kecamatan Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Rapambinopaka yang berjumlah 15 orang yang terdiri 9 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan menerapkan metode picture to picture yang telah dilaksanakan di kelas IV semester I SDN Rapambinopaka dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan urutan dan tata cara pelaksanaan berwudhu dan shalat. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata – rata kelas dan ketuntasan klasikal. Sebelum diterapkan metode picture to picture nilai rata – rata kelas hanya 64,23 dengan ketuntasan klasikal 54 %. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe metode picture to picture nilai rata – rata kelas pada siklus I adalah 68,85 dengan ketuntasan klasikal 61,53 % dan pada siklus II diperoleh nilai rata – rata kelas 80,0 dengan ketuntasan klasikal mencapai 85 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. St. Kuraedah, M.Ag DAN Drs. Abdul Kadir, M.Pd
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 31 May 2018 02:02
Last Modified: 31 May 2018 02:02
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1163

Actions (login required)

View Item View Item